Bitung Gagal Raih Kota Sehat, Kinerja FKS Dan Dinkes Dipertanyakan

Berita Utama, Bitung286 Dilihat

TopikSukut,Bitung- Untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, Bitung gagal meraih penghargaan Kota Sehat dari Kementrian Kesehatan.

Hal ini menyusul adanya surat dari Kementrian Dalam Negeri RI nomor 440/3395/Bangda perihal verifikasi lapangan bagi Kabupaten dan Kota yang lolos verifikasi administrasi penilaian kota Sehat tahun 2019, yang ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Ir Muhamad Hudori, MSi tanggal 23 Juli 2019, yang ditujukan kepada Gubernur seluruh Indonesia.

Dari Surat tersebut, tidak terdapat nama Provinsi Sulawesi Utara, yang didalamnya Kota Bitung. Kadis Kesehatan Kota Bitung, Dr Frangky Soriton dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih berharap Bitung akan tetap menerima penghargaan kota sehat tahun 2019 ini.

Baca juga:  Sulut Bergerak Menuju Pariwisata Hijau dan Biru Yang Berkelanjutan

“Untuk penjelasan Kota Sehat masih menunggu informasi dari Dinkesprov, karena mereka juga masih menunggu penjelasan dari Pusat. Pengalaman 2017, Minut, Tomohon, Bolmut tidak lolos verivikasi pusat, tapi tetap di verivikasi dan berhasil,” kata Soriton.

Sementara itu, ketua Forum Kota Sehat (FKS) Bitung, Wilson Wonte mengatakan, FKS dan Dinas Kesehatan masih akan melakukan cross ceck ke Kemendagri dan Kementrian Kesehatan terkait hal ini.

Naomi Mundung, salah satu pengurus Forum Kota Sehat menyesalkan masalah ini. “Kami sebagai pengurus jarang menerima undangan rapat. Bahkan terkesesan Forum ini hanya simbol dan nanti akan ada penilaian baru kami dikumpul. Akibatnya seperti ini. Sangat disayangkan, karena Bitung sudah langganan meraih penghargaan kota Sehat,” ujarnya. (hzq)