Gagal Raih Kota Sehat, Kadis Terpukul, Sejumlah Pengurus FKS Plesir

TopikSulut,Bitung- Gagalnya Kota Bitung meraih penghargaan kota sehat tahun 2019, membuat kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Frangky Soriton mengaku terpukul. Ironisnya, disaat bersamaan, sejumlah pengurus Forum Kota Sehat justru plesiran ke Jakarta dengan alasan konsultasi.

“Kami sangat terpukul ketika menerima surat bahwa Kota Bitung tidak masuk dalam daftar Kabupaten Kota yang akan di verifikasi lapangan.¬†Kami telah berkonsultasi tentang masalahnya dan berusaha melengkapi dokumen yang dibutuhkan,” kata Soriton.

Dikatakannya, tahun 2017 lalu kejadian yang sama pernah terjadi, dimana Bitung masuk daftar verifikasi lapangan, namun beberapa Kabupaten dan Kota tidak. Tapi setelah mereka melengkapi kekurangannya, turunlah verifikasi gelombang 2 dan dinyatakan lolos.

Ironisnya, pasca diterimanya surat dari Kemendagri yang menyatakan Bitung tidak lolos administrasi, sejumlah pengurus Forum Kota Sehat yang dipimpin Wilson Wonte selaku ketua dan Jefry Kotulus selaku sekretaris, justru plesiran ke Jakarta dengan menggunakan anggaran perjalanan dinas Kota Sehat.

Kadis Kesehatan, dr Frangky Soriton kepala sekretariat FKS dr Wiwindra Harlianto tak menampik keberangkatan sejumlah pengurus FKS didampingi Jusuf Kare, dari Dinas Kesehatan. “Kehadiran FKS dalam konsultasi ini diharapkan dapat meyakinkan pembina KKS Pusat tentangg kesungguhan kita dan Bitung bisa diverifikasi pada gelombang 2,” kata Soriton.

Ketua FKS, Wilson Wonte yang coba dikonfirmasi lewat pesan singkat whatsap, tidak ada respon. Sementara sekretaris FKS, Jefry Kotulus membenarkan jika dirinya bersama ketua dan pengurus lainnya melakukan perjalanan dinas.  (hzq)