oleh

Menelisik Pengaruh JS di Kongres PDIP 5 Bali  

Catatan Reagen Pantow, Grand Inna, Bali 

Topiksulut.com, BALI-Agenda pelaksanaan Kongres ke 5 PDIP di Grand Inna Hotel, Bali, pekan kemarin memang sudah usai.

Namun ada hal yang media ini telusuri dari proses pesta 5 tahunan partai berlambang kepala banteng, moncong putih.

Yang telisik atau kami pelajari, yakni terkait pengaruh dan peran dari sosok Ketua DPC PDIP Mitra James Sumendap SH.

Media online Topik Sulut, menyaksikan, betapa JS, sapaan akrabnya memiliki power atau kekuatan untuk memainkan perannya dengan hebat.

Mulai dari meloby atau mempengaruhi para petinggi partai di DPC dan DPD yang hadir untuk mengarahkan pada satu pilihan, sampai pada memberikan gagasan soal partai ini ke depan, dilakukannya.

Terlihat jelas, JS sibuk dari ruangan satu ke ruangan lainnya.

Setelah menelisik terkait apa yang di lakukan sang gladiator politik ini, ternyata memperkuat keyakinan, untuk tetap mempertahankan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri untuk tetap melanjutkan kepemimpinan.

Alhasil, upaya pun menjadi kenyataan. Presiden ke 5 RI, kembali terpilih secara aklamasi diacara abar yang dibuka langsung Presiden Jokowi.

Bukan hanya itu, arsitek politik PDIP ini, juga berjuang dan merindukan Bendahara Umum Partai yang memenangkan Pemilu 2019, tetap menjadikan Olly Dondokambey SE, sebagai Bendahara Umum PDIP.

Dan faktanya juga Gebernur Sulut tetap pada posisi strategis ini.

JS terpantau bukan hanya melakukan loby-loby untuk mempertahankan struktur DPP yang masih dilajutkan Mega, Hasto Kristanto sebagai sekjen dan Olly, tetapi Bupati Mitra dua periode ini juga masuk di komisi pemenangan Pemilu dan Pilkada se Indonesia.

Pantauan harian ini, JS juga sangat diperhitungjan di komisi yang membahas terkait Pemilu 2024 nanti, dan Pilkada-pilkada yang akan mulai diikuti 2020 nanti.

Ide-ide dan strategi suami tercinta Anggota DPRD Sulut terpilih Djein Leonora Rende SE Ak, sangat nampak dan sungguh dinanti diruangan komisi yang dipimpin OD, dan Ahmad Basarah.

Sebelumnya disela-sela pembukaan kongres, sudah terlihat JS banyak bersua dengan pengurus DPP, diantaraya Sekjen PDIP Hasto Kristanto, Wasekjen dan baru ditetapkan Wakil Ketua DPP Ahmad Basarah, Djarot Sayful Hidayat, Yasona Laoly, serta para petinggi lainnya.

Dalam beberapa pertemuan ini, sangat jelas terlihat JS sangat akrab. Tak terlihat kaku atau seperti kata-kata warga Manado “Malo-malo” (malu-malu). Justru, Ahmad Basarah yang mukai digadang masuk Calon Ketua MPR RI ini, terlihat dalam gambar sangat serius mendengarkan hal-hal yang disampaikan JS (lihat foto).

Usai pembukaan, JS yang diwawancarai, menyatakan, komitmennya untuk tetap menjadikan Ketua Umum Megawati, akhirnya menjadi kenyataan.

“Saya yakin dibawah kepemimpinan Ibu Mega, PDIP akan terus maju dan tetap mendapatkan kepercayaan rakyat. Demikian juga didukung Sekjen Pak Hasto dan Bendahara Umum Pak Olly, maka partai kita ini akan terus menjadi pemenang, termasuk menghadapi Pilkada-pilkada, kita optimis menang semua,” ujar JS, bupati yang sudah banyak menerima penghargaan dengan kesuksasan membangun, serta membawa Mitra meraih beberapa kali WTP. (*)

News Feed