Siap Ciptakan SDM Unggul, Pemprov Sulut Sukses Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Maknai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara gelar Upacara detik-detik proklamasi di lapangan KONI Manado.

Adapun dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam prosesi upacara tersebut. (Sabtu 17/8/2019).

Dalam upacara, nampak hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, para pejabat Pemprov Sulut, anggota Legiun Veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan pelajar.

Pada upacara yang berjalan khidmat itu,

bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Nur Subagio.

Adapun teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Sulut.

Sementara itu, pengibaran bendera merah putih dilakukan 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Bertindak sebagai Danpok 17 Al Gufransyah Dade, Danpok 8 Fadly Akili, pembawa baki Jovanca Mocala, pembentang bendera Yosua Dewa Longdong dan pengerek bendera Daniel Tatipang.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghargaan Lencana Melati kepada Wagub Kandouw oleh Gubernur Olly selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulut.

Di akhir upacara, ratusan pelajar SMK Negeri 1 Manado menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah diikuti seluruh peserta upacara.

Baca juga:  Tampilkan Keragaman Ornamen Kain Tradisional, Sekprov Ajak Warga Majukan Budaya Daerah

Tidak hanya sampai disitu, pemaknaan HUT Kemerdekaan RI ‘ala’ Pemprov Sulut pun dilanjutkan dengan ramah tamah Gubernur, Wagub, pimpinan DPRD serta jajaran Forkopimda Sulut bersama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut di Eks-Kantor DPRD Sulut, Sabtu (17/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan, pertemuan yang digelar pada HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini untuk menunjukkan penghormatan kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya serta seluruh veteran di Sulut.

“Kita berterimakasih untuk kedatangan seluruh veteran pada pertemuan ini. Tanpa dukungan para veteran yang telah berjuang merebut kemerdekaan, kita bukanlah apa-apa,” kata Olly.

Olly menuturkan, kemerdekaan yang masyarakat rasakan saat ini, merupakan kemerdekaan yang diperoleh melalui keringat, darah, dan air mata, bahkan nyawa para pahlawan serta veteran pejuang kemerdekaan.

“Jangan pernah melupakan jasa-jasa para pahlawan,” ucap Olly.

Sementara itu, Ketua LVRI Sulut Kolonel (Purn) Boyke Kambey mengapresiasi bantuan pemerintah daerah yang telah merenovasi markas LVRI Sulut. Boyke juga menyampaikan terimakasih atas bantuan Gubernur Olly yang akan menyediakan kendaraan operasional untuk LVRI.

“Di saat kepemimpinan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur inilah markas LVRI dapat direnovasi,” kata Boyke.

Sore harinya, masih bersama Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Gubernur Sulut Olly Dondokambey kembali menjadi Irup dalam upacara penurunan bendera Merah Putih, sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Letkol Inf Drs. Masgen Abas.

Baca juga:  Pelantikan Bupati/Walikota Sulut Sukses di Gelar, Kumendong Apresiasi Biro Pemerintahan

Di awali dengan serenade dan lagu kebangsaan yang dibawakan oleh para pelajar SMA Rex Mundi, Manado,  upacara dilanjutkan dengan penurunan bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Bertindak sebagai pembawa baki pada kesempatan itu adalah Missyel Gunther.

Upacara penurunan bendera HUT RI kali ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, Ketua DPRD Sulut beserta jajaran,pejabat teras serta ASN dan THL di Lingkup Pemprov Sulut, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemasangan lilin Hut RI ke-74 yang dilakukan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey. Pada kesempatan itu pula, Pemprov Sulut secara resmi mencanangkan G-ODSK (Gerakan Optimalisasi Dukungan Sadar Kebersihan).

Nampak juga pada acara pesta rakyat dalam rangka Hut RI ke-74, Pemprov Sulut menghadirkan artis ibu kota Andre Hehanusa untuk menyemarakan acara tersebut. (CHRIS / ADVETORIAL HUMAS PEMPROV SULUT)