60 Paket Proyek Bersumber DAU di Dinas Pendidikan Bitung Segera Ditender

Berita Utama, Bitung190 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Sebanyak 60 paket proyek di Dinas Pendidikan Kota Bitung, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dalam waktu dekat akan segera dimulai.

Kepala Dinas Pendidikan kota Bitung, Julius Ondang, SPd yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (21/8) mengatakan, seharusnya ini sudah lama jalan, akan tetapi dikarenakan menyesuaikan dengan aturan baru, maka mengalami penundaan.

“Aturan baru, semua harus harus masuk sistim online. Termasuk yang Penunjukan Langsung. Makanya kami harus menyesuaikan dengan aturan yang ada. Ini yang membuat terjadi keterlambatan,” jelas Ondang. Lanjut dikatakannya, paling lambat pekan depan semua sudah jalan.

“Kalau untuk proyek yang bersumber dari DAK, sementara jalan karena itu swakelola, sekolah yang kerjakan. Tapi kami dari Dinas langsung memeriksa disaksikan konsultan, agar supaya semua sesuai spesifikasi,” tandas birokrat yang banyak diaspirasikan maju di Pilwako 2020 mendatang.

Baca juga:  Hadir Dilokasi Raimuna Nasional Cububur, Rawung Semangati Kontingen Bitung

Sementara itu, Kabid Perencanaan, yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dinas Pendidikan Bitung, Maxi Rumuat, ST MS, mengatakan, untuk DAU saat ini sementara proses perencanaan.

“Besok sudah akan dilelang secara online, sesuai ketentuan yang berlaku. Kami mengalami kendala karena adanya perubahan regulasi,” kata Rumuat. Lanjut dikatakannya, semua paket proyek dibuatnya 90 hari kerja, dan dilakukan pemecahan sejumlah paket, agar supaya dapat selesai tepat waktu.

“Ada beberapa paket yang dipecah, agar supaya semua dapat selesai tepat waktu, dengan perencanaan 90 hari kerja. Total ada sekitar 60 paket DAU, dengan total pagu sekitar 29 miliar. Sementara untuk DAK 6,2 miliar dan sementara berjalan tahap 2. Tahap 1 sudah selesai,” jelas mantan direktur Teknik PDAM Bitung ini. (hzq)