oleh

Warga Menduga Ada Kepentingan Politik Dibalik Perayaan Hut Kecamatan Ranowulu

TopikSulut,Bitung- Perayaan hut Kecamatan Ranowulu ke 43 oleh pemerintah kecamatan, Kamis (29/8) kemarin, membuat warga masyarakat setempat mengaku malu bahkan nyayangkan sikap Camat yang mengambil langkah dimana hut Kecamaan Ranowulu diadakan bukan pada tanggal yg sebenarnya.

Hal ini sebagaimana dikatakan Marthin Sompotan, warga Kelurahan Batuputih, Kecamatan Ranowulu. “Camat tidak melakukan koordinasi kepada Camat2 terdahulu terkait Hut Kecamatan Ranowulu sehinga mengakibatkan kesalahan tanggal dan bulan pada perayaan HUT Kecamatan, dan ini sangat membuat malu sebagai Warga nasyarakat Ranowulu,” tegas Sompotan.

Mantan ketua DPC GMNI Btung ini mengatakan, seharusnya camat tahu tanggal dan bulan serta tahun terbentuknya wilayah pemerintahan yang dipimpinnya. “Sangat ironi Camat tidak tahu tanggal dan bulan ulang tahun kecamatan,” tandasnya. Bahkab Sompotan pun menduga Camat Ranowulu memiliki kepentingan Politik menjelang tahapan-tahapab Pilwako pada tahun 2020 mendatang.

“Disinyalir ada kepentingan politik jelang Pilwako, sehingga melakukan mobilisasi melalui Hut Kecamatan, karena pada tahun-tahun sebelumnya Kecamatan Ranowulu tidak oernah melakukan hal seperti ini.“ ujarnya.

Seperti diketahui, pada Kamis 29 Agustus kemarin, dilaksanakan hut ke 43 Kecamatan Ranowulu yang dihadiri Walikota dan para pejabat dilingkungan pemkot Bitung. Namun menurut mantan Camat pertama Bitung Utara, periode 1975, Drs SA Sondakh, Kecamatan Ranowulu sah terbentuk pada 10 April 1975. Sehingga jika dihitung sudah 44 tahun pada April lalu. “Kalau diprasasti di kantor Camat, tanggal peresmian kantor Kecamatan, Agustus 1976. Tapi itu bukan hut Kecamatan, karena itu kantor yang diresmikan,” ujar Sondakh.

Sementara itu, menuru Yudi Sengke, SH, perubahan nama kecamatan Bitung Utara menjadi Ranowulu, terjadi pada 10 Oktober 2007, dimana saat itu dirinya menjadi Camat Ranowulu pertama.

Disisi lain, Camat Ranowulu, Diana Sambiran mengaku, melihat tanggal diprasasti yang ada di kantor Camat, tanggal 11 Agustus 1976. (hzq)

News Feed