oleh

Disuport Pemkot, KSOP Bitung Bersih-bersih Laut

TopikSulut,Bitung- Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar sekaligus menjadi negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Mengingat begitu berbahayanya sampah plastik bagi lingkungan khususnya ekosistem laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) melalui Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung menginisiasi Gerakan Bersih Laut dan pantai yang digelar serentak di seluruh Indonesia yang disupport sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Bitung, unsur Forkopimda, BUMN, stakeholder dan nasyarakat kota Bitung, Kamis (12/9) di sepanjang pantai Kota Bitung.

Kegiatan besih laut dan pantai ini diawali dengan apel bersama di dermaga pelabuhan samudera bitung. Kepala KSOP Bitung Mursidi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional dan dilakukan secara serentak di 260 pelabuhan di seluruh Indonesia dan akan dicatat sebagai rekor Muri 2019.

“Fokus sasarannya adalah sampah plastik yang berada di laut dan pesisir pantai di kota Bitung, kami juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini khususnya bapak Walikota Bitung bersama jajaran pemerintah dan masyarakat,” kata Mursidi.

Sementara itu Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE, M.Si yang saat itu didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan bersih laut dan pantai yang diinisiasi oleh kementerian pehubungan melalui direktorat jenderal pehubungan laut dan KSOP Bitung, karena hal ini juga telah dicanangkan pemerintah kota bitung sejak tahun 2016 dengan tagline Bitung Go Green Less Plastic City.

“Mari gerakan ini kita semarakan lagi agar laut kita benar-benar bersih dalam rangka mengangkat perkonomian karena pelabuhan bitung sebagai pelabuhan internasional selain itu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di kota ini serta sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah,” jelas Lomban.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Forkopimda Kota Bitung, Pihak BUMN, seluruh pegawai KSOP, ASN dan THL Pemerintah Kota Bitung, Pala dan RT, Pihak swasta, serta masyarakat Kota Bitung dengan lokasi pantai Tanjung Merah, Pantai Girian sampai Madidir, Pelabuhan Peti Ke as, Pelabuhan Nusantara, Pantai Batu Putih, Pantai Kelurahan Paputungan, Pancuran, Kelapa Dua dan Pantai Kelurahan Lirang. (hzq)

News Feed