oleh

Dibuka Pangemanan, Festival Kuala Tulap 2, Diawali Pelepasan Bibit Ikan

TopikSulut,Bitung- Festival Kuala Tulap ke 2, kembali digelar Jumat (1/11) hingga Sabtu, (2/11/2019) yang dibuka oleh ekretaris Daerah Kota Bitung DR. Audy Pangemanan, MSi. Pada pembukaan tersebut, ditandai dengan pelepasan ratusan bibit ikan di sungai (baca : kuala, red) Girian, kompleks resto river side.

Dalam sambutannya Pangemanan mengatakan bahwa atas nama pemerintah Kota Bitung Bapak Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban dan Bapak Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM mengapresiasikan semua kegiatan yang sudah diupayakan yang berlangsung dari tanggal 1 – 2 November. “Kita semua bisa mendapatkan edukasi-edukasi dalam pelaksanaan festival kuala Girian ini,” katanya

Lanjutnya, selaku pemerintah mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini agar bisa lebih di koordinasikan sehingga supaya bisa mendapatkan impac yang lebih besar lagi kedepan. “Karena seperti yang kita ketahui bahwa di Kota Bitung ini kita mengupayakan setiap bulan ada festivalnya dan setiap kecamatan kalau bisa juga ada festivalnya, sehingga akan ada banyak festival yang mengedukasi masyarakat, mendidik masyarakat dan bisa menghibur warga masyarakat,” tandas Pangemanan.

Festival ini menurutnya sangat spesifik memuliakan air, memuliakan sungai yang kita tau sebagai sumber kehidupan bagi kita semua umat manusia.

Oleh sebab itu kata Sekretaris Daerah Kota Bitung, selaku pemerintah sangat mengharapkan dengan adanya festival ini dapat mengedukasi seluruh warga masyarakat untuk mencintai lingkungan, mencintai sungai, teristimewa bagi adik adik pelajar SD, SMP, SMA.

“Kedepannya kita mengharapkan generasi emas yang sangat peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Pembukaan festival sendiri ditandai dengan pelepasan ratusan benih ikan di Kuala Tulap atau DAS Girian yang dilalukan oleh Sekda bersama Kepala Sekolah Lingkungan Kota Bitung, Dra Khouni Lomban Rawung dan Jafung Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Sardjon Welliang.

Festival Kuala Tulap 2 sendiri digelar selama dua hari yakni tanggal 01 dan 02 November 2019 dengan menghadirkan berbagai perlombaan tradisional serta diikuti sejumlah sekolah dan komunitas di Kota Bitung.

Hadir juga Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri untuk mengukuhkan Sekolah Sungai Generasi ke-3.

Adapun sejumlah kegiatan yang akan digelar Festival Kuala Tulap 2 adalah;

Sekolah Sungai Generiasi ke-3

Penanaman Bibit Pohon sepanjang pingiran Das (3 KM)

Pelepasan Bibit Ikan di Sungai

Talk Show Perlindungan Sumber Air

Pameran Kue Khas Sulut

Panggung Hiburan

Fun Climbing

Lomba Berteriak (Bakuku, meniru adat masyarakat saat di Kebun)

Lomba Makan Cabe
Lomba Miniatur Perahu di Sungai

Stand Kerajinan Kreatif

Atraksi Tarian Budaya

Lomba Kupas Kelapa

Lomba Cenge-Cenge SD (permainan Rakyat)

Lomba Spel SMP (Permainan rakyat)

Lomba Mudung di Sungai

Lomba Memancing

Lomba Perang Bantal

Lomba Valinggir

Pecah Batok Kelapa (Tampurung)

Sedangkan untuk acara hiburan penitia akan menghadirkan, Jarank pulang, 2 shaggy, STBY On/Off, Bikola, Maengket, Dolf Rawung, Kabasaran, Sabodam Band, North Band, NK team Amir Standup Comedy dan Popo (solo). (hzq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed