oleh

Bersama BPMS GMIM, Rita Tangkudung Bahas Masalah Harga Kopra Dan Pengurangan Penggunaan Plastik di Jerman

TopikSulut,Bitung- Asisten Bendahara Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM, Sym Rita Tangkudung, ST, bersama jajaran BPMS GMIM lainnya yang dipimpin ketua, Pdt Dr Hein Arina belum lama ini bertandang ke Jerman, dalam rangka memenuhi undangan EVANGELISCHE KIRCHE IN HESSEN UND NASSAU (EHKN) Jerman, dalam rangka meningkatkan kemitraan pelayanan.

Menurut Tangkudung, berbagai hal dibahas di Jerman, termasuk harga kopra yang anjlok saat ini dan pengurangan penggunaan plastik. “Ketua BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina menyampaikan, bahwa upaya mengurangi pemanfaatan plastik telah dilaksanakan dalam kerjasama dengan pemerintah Sulawesi Utara. Dalam kesempatan lain ketika diberi kesempatan dari GMIM untuk menyampaikan pergumulan-pergumulan yang dihadapi, Ketua BPMS GMIM menyampaikan pergumulan berhubungan dengan menurunnya harga Kopra yang menjadi komoditi unggulan rakyat dan jemaat di Sulawesi Utara,” kata Tangkudung.

Lanjut dikatakan wakil ketua TP PKK kota Bitung ini, menurut Ketua BPMS, bahwa waktu lalu masyarakat Eropa banyak memanfaatkan minyak kelapa. Tapi sekarang lebih memanfaatkan minyak sayur. “Oleh karena itu kami butuh teknologi pemanfaatan kopra dalam meningkatkan nilai harga kopra dari pemerintah Jerman yang kiranya dapat difasilitasi oleh EKHN,” tandasnya.

Dalam percakapan ini juga kata istri tercinta wakil walikota Bitung ini, dibicarakan tentang peningkatan pelayanan melalui rencana pertukaran Pemuda, Remaja dan Guru Sekolah Minggu. Dari pihak EKHN meminta untuk ada mahasiwa Fakultas Teologi mulai dari Program Sajana /S1, Program Magister /S2, dan Program Doktoral /S3 yang melanjutkan studi di Jerman. “Juga dilaksanakan evaluasi program kemitraan GMIM dan EKHN di Gereja Mainz EKHN oleh Komisi Kemitrraan EKHN dan BPMS GMIM dan pertemuan di gedung Marthin Luther Kota Alzey,” tandasnya.

Selain dari percakapan-percakapan yang membahas program kemitraan, kata Rita, dalam kunjungan ini BPMS GMIM mengikuti ibadah perayaan hari Reformasi ke-502 tahun di Lutherkirche kota Wiesbaden pada hari Kamis, 31 Oktober 2019, serta menghadiri kegiatan orientasi pengijilan EKHN di jemaat Sentrum Frankfurt kemudian pertemuan dengan Sentrum Oikumene EKHN di Frankfurt dan elakukan penelaan Alkitab bersama di jemaat Mainz Mombach EKHN.

“Pada hari Minggu, 3 November 2019 kami mengikuti ibadah dan berkhotbah di jemaat-jemaat, Mainz Mombach, Engelstadt dan Alzey,” pungkasnya sembari menambakan, keseluruhan pembiayaan dalam kunjungan kemitraan ini ditanggung oleh EKHN, dimana unntuk pertama kali dalam sejarah kemitraan ini, EKHN mengundang seluruh BPMS bersama suami/isteri. (hzq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed