Sambangi Gedung KPK RI, Ini Tujuan Gubernur Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengikuti acara puncak peringatan hari antikorupsi sedunia (Harkordia) 2019 yang dihadiri langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Sejumlah tokoh nasional juga hadir dalam acara tersebut seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa indeks korupsi di Indonesia mengalami kenaikan satu poin dari tahun 2017.

“Skors indeks persepsi korupsi IPK Indonesia dari Transparency International Indonesia merilis IPK Indonesia tahun 2018 mengalami kenaikan satu poin dibading 2017 dari 37 jadi 38,” ucap Wapres.

Baca juga:  Ingin Jadi Pemilih di Pemilu? KPU Sulut Minta Masyarakat Buka Webside Cek DPT Online

Hal ini membuat Ma’ruf Amin optimis upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi pada tahun-tahun ke depan di Indonesia akan berjalan baik.

Selain itu, dalam sambutannya Ma’ruf menyampaikan apresiasi terhadap KPK bahwa dari aksi pencegahan yang dilakukan KPK berhasil menyelamatkan potensi keuangan negara sebesar kurang Iebih Rp 60 triliun dari berbagai kegiatan.

Ma’ruf juga menyampaikan arahan Presiden Jokowi pada pelantikan 23 Oktober 2019 yaitu menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi.

Pernyataan ini merupakan komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi Presiden.

“Korupsi dapat menghambat mobilitas alokasi sumber daya pembangunan, arahan presiden pada seluruh anggota kabinet pada saat pelantikan 23 Oktober 2019 yang lalu yaitu jangan korupsi dan menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi,” tutup Ma’ruf. (CHRIS)