Pemkab Mitra Luncurkan Aplikasi SPT Dan SPPD Elektronik.

MITRA,TOPIK SULUT – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara lewat program bupati yakni pengadaan peralatan elektronik berupa aplikasi SPT dan SPPD. Menurut Juru bicara Pemkab Mitra Arnold Mokosolang program ini dibuat dengan tujuan agar setiap perjalanan dinas ASN Mitra terpantau langsung oleh Bupati. Lebih spesifik lagi, program yang digagas ini semata untuk mendukung visi Bupati James Sumendap,SH yakni Mitra hebat bergerak cepat. Dijelaskannya, ini bertujuan agar semua perjalanan seluruh jajaran Pemkab Mitra dapat dipantau langsung oleh pimpinan, dalam hal ini Bupati, serta nantinya dapat diukur apakah perjalanan dinas ini penting untuk dilakukan.
“Nanti dalam aplikasi ini, Pemkab Mitra akan menggunakan sistem atau pola yang didalamnya disebut checker, maker, dan approver,” ungkap Arnold Mokosolang.
Ditambahkannya, terkait pola approver untuk perjalanan dinas dalam daerah dalam Kabupaten setiap SKPD harus disetujui oleh asisten berdasarkan keastinenan yang dibawahinya.
Sementara untuk perjalanan dinas diluar daerah dalam provinsi harus disetujui oleh Wakil Bupati.
“Nah, untuk perjalanan dinas luar provinsi harus disetujui oleh Bupati secara langsung. Ini semua juga dalam rangka efisiensi anggaran sehingga kegiatan-kegiatan luar apakah penting dilakukan atau tidak, semua tergantung pimpinan,” tandas Arnold Mokosolang
Selain itu, dirinya menambahkan bahwa seperti yang telah disampaikan sebelumnya, setiap SKPD diwajibkan berinovasi membuat aplikasi yang bisa membantu sesuai dengan bidang setiap SKPD.
“Ini wajib bagi setiap SKPD untuk segera membuat aplikasi untuk membantu dan memperlancar hubungan dengan masyarakat, sesuai dengan bidang masing-masing SKPD,”imbuhnya. (Ferry Otta)