Pelestarian Danau Tondano, Bupati ROR Apresiasi TNI dan Masyarakat

MINAHASA, topiksulut.com – Sesuai deklarasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa pada tanggal 6 Januari yang lalu, dimana tahun 2020 ini pemkab Minahasa mencanangkan sebagai tahun peduli pelestarian danau Tondano. Hari ini Selasa (21/1) 2020, bersama Kodim 1302/Minahasa pemkab Minahasa melakukan pembersihan danau Tondano dengan mengangkat Eceng gondok.

“Ya, sesuai deklarasi pada 6 januari yang lalu, hari ini kami (pemkab minahasa) mulai melakukan pembersian eceng gondok,” ujar Bupati Minahasa Royke Roring kepada sejumlah wartawan usai pembersian danau.

Bupati Minahasa Royke Roring saat diwawancarai

Menggunakan beberapa alat berat seperti hexafator, proses pembersihan dibantu langsung oleh personil TNI Kodim 1302/Minahasa serta masyarakat untuk mengangkat tanaman gulma (eceng gondok) dari danau.

Roy Roring juga memuji pihak-pihak yang telah turut berpartisipasi dalam pembersihan danau dan mendukung program pemkab Minahasa (peduli pelestarian danau Tondano). “Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah turut mengambil bagian hari ini, kiranya dengan dukungan seluruh elemen masyarakat permasalahan eceng gondok dapat terselesaikan dengan cepat,” kata bupati yang akrap disapa Ror.

Terkait anggaran pelestarian danau tondano bupati Ror menyebutkan bahwa anggaran diperoleh dari APBN lewat balai sungai dianggarkan sejumlah 20M untuk pembangunan tembok pesisir danau, dan dari APBD Provinsi sebesar 20M untuk pengadaan peralatan, sedangkan dari Kabupaten sebesar 6,6M untuk padar karya dan juga sebagian peralatan serta oprasional.

Turut hadir pada giat siang tadi, Aster (Asister Teritori) Panglima TNI, Mayjen TNI George Enaldus Supit, Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Dandim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo dari kejaksaan dan Ormas adat.(kim)