KPU Tomohon: 23 Februari Batas Akhir Penyerahan Syarat Dukungan Calon Perseorangan

0
231 views

TOMOHON, topiksulut.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melaksanakan Coffe Morning bersama wartawan biro Kota Tomohon, kegiatan yang bertajuk ‘Ngo Pilwako,’ itu dilaksanakan di ruang rapat kantor KPU Tomohon. Rabu (22/1) 2020.

Pada kesempatan itu Komisioner KPU Tomohon Divisi Teknis KPU Robby Golioth memaparkan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bakal calon walikota perseorangan.

Menurut Golioth, salah satu persyaratan untuk pasangan bakal calon harus memiliki jumlah dukungan (KTP) minimal sebanyak 7097 dukungan KTP, hal itu diambil patokan dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada Pileg tahun 2019 lalu sebanyak 79,649 DPT dan dibahagi 10%.

“Jadi untuk batas minimal dukungan pasangan bakal calon jalur perseorangan yaitu sebanyak 7097 dukungan KTP,” ujar Golioth.

Sedangkan untuk batas pemasukan syarat dukungan calon perseorangan dikatakan oleh Divisi Sosialisasi dan SDM Stenly J Kowaas SP,  dari tanggal 19 Januari sampai 23 Februari. “Ya,  bila tidak memasukan syarat dukungan sampai waktu yg ditentukan maka sudah tertutup kemungkinan untuk masuk sebagai bakal calon walikota di jalur perseorangan,” ungkap Kowaas.

Jika jumlah dukungan pasangan calon perseorangan sudah memiliki batas minimal (7097 KTP) yang ditetapkan, selanjutnya KPU akan memverifikasi administrasi kemudian verifikasi vaktual (sensus, mendatangi langsung). (kim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here