Berlangsung Hikmat, Misa Tahun Baru Imlek di Gereja Katolik St.Ignatius Manado Meriah

KOMSOS.IGN – Umat Katolik Paroki St Ignatius Manado mengikuti Perayaan Ekaristi Kudus atau Misa Kudus dalam rangka Tahun Baru Imlek 2571, Sabtu (25/01/2020) malam.

Perayaan Ekaristi ini dipimpin Uskup Emeritus Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSC di Gereja Paroki St Ignatius Manado.

Pastor Damianus Yangko Alo, saat memberi berkat kepada petugas pembawa persembahan



Pembacaan Kitab Suci dilakukan dalam bahasa Mandarin disertai terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Umat pun terlihat khusyuk selama Perayaan Misa Kudus Tahun Baru Imlek, yang sebagian besar umat yang mengikutinya adalah keturunan Tionghoa.

Pastor Terry Ponomban Pr dalam khotbah, mengajak Umat Katolik Paroki St Ignatius Manado untuk membangun optimisme hidup yang baru di Tahun Baru Imlek ini.

“Optimisme Hidup Baru itu dibangun dari semangat umat bahwa kita menjadi rahmat, kita menjadi sumber kebaikan dan sumber dari hal-hal positif bagi orang lain,” tandas Pastor Terry Ponomban Pr.

Umat Katolik pun diajak untuk tidak pernah kuatir dalam menjalani hidup baru sambil melakukan kebaikan-kebaikan di tengah masyarakat dewasa ini.

“Untuk itu semua, Tuhan Yesus berpesan; jangan kamu kuatir, Aku akan melengkapi kebutuhan kamu, Aku akan cukupkan apa yang kamu inginkan, asalkan kamu menaruh harapanmu kepada-Ku,” kata Pastor Terry Ponomban Pr.

Itulah sebabnya, tambah Pastor Terry, Tahun Baru Imlek ditandai dengan kebiasaan – kebiasaan yang bagus seperti; berdoa dan bersyukur oleh Umat Tuhan baik dalam keluarga, maupun paroki untuk Berkat Tuhan sepanjang tahun yang lalu dan berharap di Tahun yang baru, ada Berkat melimpah dari Tuhan.

“Semoga Tuhan memberikan kesejahteraan, kebaikan, keuntungan rohani dan jasmani. Kita juga diajak membangun cinta kasih, menanamkan harapan-harapan baru dengan optimisme hidup yang baru,” imbuh Pastor Terry.

Diapun yakin, bahwa Umat Katolik yang melakukan hal-hal itu, akan memperoleh berkat Tuhan, damai sejahtera, keuntungan yang selalu menyertai langkah hidup umat beriman.

Selain itu, aksi melayani dengan berbagi rejeki, justru akan membawa kebahagiaan bagi orang lain, termasuk diri sendiri. Karena umat beriman, tentunya akan merasa bahagia dengan memberi dan bukan hanya dengan menerima.

“Dengan begitu, tentunya, kita akan memperoleh kemurahan berlimpah-limpah dari Tuhan. Intinya, kita harus bersyukur dan berdoa, berharap dengan membangun optimisme hidup baru, sekaligus kita menjadi berkat bagi satu sama lain,” jelas Pastor Terry.

Pada kesempatan yang sama, dua biarawati keturunan Tionghoa memberikan kesaksian hidup, saat mereka terpanggil dan memilih jalan hidup menjadi biarawati.

Ada banyak tantangan yang dialami keduanya dalam menapaki hidup suci, mengikuti jalan Tuhan sebagai seorang biarawati keturunan Tionghoa. Kedua Suster itu bernama Suster Ewita Tan JMJ dan Suster Lauren P.Carm.

Akan tetapi tantangan yang dialami keduanya, disambut dengan bahagia, karena telah memilih jalan panggilan suci guna memberi diri untuk melayani Umat Tuhan dalam komunitas Gereja Katolik.

Dalam Perayaan Misa Kudus, Uskup Emeritus didampingi Pastor Damianus Yangko Alo Pr, Terry Ponomban Pr, Pastor Benny Pangkey MSC, Pastor Glen Woi Pr , Pastor Anton Tukiran MSC dan Frater Diakon Agustinus Budiman, MSC

Diketahui, ada beragam ornamen Tahun Baru Imlek yang menghiasi Gereja Paroki St Ignatius Manado. Mulai dari halaman depan gereja, bagian tengah maupun di bagian dalam gereja, itu semua karena berkat kerjasama dari Panitia yang sudah diberikan tanggung jawab oleh Pastor Paroki Yangko Alo kepada Wilayah Rohani Bunda Maria, Wilayah Rohani Maria Goretti, dan Pungurus Lux Aertena.

Dua hari sebelum pelaksanaan Misa berlangsung, nampak semua Panitia bersatu dan benar2 memberi diri untuk mendekor dan membuat suasana luar dan dalam gereja benar2 merasakan suasana Imlek.

Usai Misa Kudus, umat disuguhkan dengan permainan Barongsai dan Lion di halaman depan gereja. 

Begitupun Anak2 SEKAMI membuat suasana Perayaan Imlek 2571 berlangsung sangat meriah, saat membawakan lagu berbahasa mandarin Gong xi Gong ci.(AMDG)LL

“Happy Chinese New Year”
Gong Xi Fa Cai 2571