Musrembang Kelurahan Kolongan Satu, Pijoh: Fokus Bidang Pemerintahan Ekonomi dan SDM


TOMOHON, topiksulut.com – Bertempat di aula SLBC Katolik St Anna Tomohon Kecamatan Tomohon Tengah, Kelurahan Kolongan Satu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Selasa (28/1) 2020.

Lurah Kolongan Satu Yunaidy Pijoh menjelaskan pelaksanaan Musrenbang ini sebagai langkah proyeksi Pemerintah di tingkat kelurahan. Ia menuturkan, pihaknya terfokus pada bidang pemerintahan, pengembangan ekonomi kemasyarakatan.

Untuk diketahui, dalam Musrenbang ini masyarakat memperhatikan sejumlah hal. “Ada terkait infrastruktur serta pengembangan SDM untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” beber Pijoh.

Dalam pengembangan SDM, kata Lurah Kolongan Satu pihaknya bakal melakukan pelatihan dan pengembangan ekonomi dan kerakyatan termasuk mendukung program nasional Presiden RI dalam menuju SDM Unggul serta program pembangunan Pemerintah Kota Tomohon.

Ia berharap, melalui pelaksanaan Musrenbang ini, dalam pembangunan oleh pemerintah kedepan tepat sasaran kepada masyarakat. “Termasuk kami akan memperjuangkan usulan ke tingkat selanjutnya oleh delegasi yang telah dipersiapkan, agar usulan terealisasi bagi masyarakat,” sambungnya.

Sementara, Ketua LPM Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur menuturkan pihaknya turut mendukung program yang akan direalisasikan pemerintah yang ada.

Di sisi lain, Wenur menyebutkan LPM turut menyoroti infrastruktur jalan yang ada. “Kami mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun jalan alternatif selain Jl PL Kaunang. Karna jalan utama di Kolongan Satu hanya ada satu jalan, sehingga saat jalan tersebut tak dapat dilalui ada jalan lain,” ujarnya.

Musrenbang tersebut diikuti masyarakat setempat, Camat Tomohon Tengah Michael Joseph SSTP MSi, dan LPM Kelurahan Kolongan Satu.(kim)