ADVERTORIAL: Bantuan Sosial Tahap Satu Mulai Dibagikan Pemkab Minahasa untuk Warga Terdampak Covid-19

Minahasa142 Dilihat

MINAHASA, topiksulut.com – Bantuan Sosial tahap pertama untuk masyarakat terdampak dari Virus Corona di Kabupaten Minahasa hari ini, resmi disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Selasa (7/4) 2020.

Mewakili Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke O. Roring, MSi, IPU, ASEAN.ENG dan Wakil Bupati Roby Dondokambey, SSi. Sekretaris Daerah Frits R. Muntu, S.Sos menyalurkan Bantuan Sosial kepada 20.834 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Minahasa dilaksanakan di Wale Ne Tou Tondano, Dimana sudah ada 4 Kecamatan di Tondano Raya yang melakukan serah terima bansos yaitu Kecamatan Tondano Barat, Tondano Utara, Tondano Timur, Tondano Selatan.

Menurut Frits Muntu, Bantuan sosial ini akan diberikan kepada masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, “Tukang ojek, Kusir Bendi, Supir, buruh harian, Keluarga PDP serta keluarga ODP. Dan mereka yang termasuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kecuali Program Keluarga Harapan (PKH),” kata Muntu.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa, Denny Mangala, yang juga hadir pada penyerahan bansos mengatakan data penerima bantuan diambil berdasarkan Base Data Terpadu (BDT), “Penyaluran berdasarkan by name by address berdasarkan BDT dari dinas sosial. Jadi penerima bantuan ini tidak bisa diganti,” terang Mangala.

Ia (Mangala) juga mengungkapkan, masih banyak warga Minahasa yang terdampak Covid-19 belum masuk basis data terpadu di tahap pertama. “Warga yang belum mendapat bantuan di tahap pertama akan dapat di tahap dua, tapi mereka yang masuk basis data terpadu,” pungkasnya.

Sementara itu untuk bantuan akan di berikan secara bertahap dan dimulai tahap satu pendistribusian mulai hari ini Selasa 7 April 2020.

Baca juga:  Memutus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkab Minahasa Tertipkan Sejumlah Ruko dan Kios

Terkait penyerahan akan dilakukan sesuai mekanisme, “Untuk mengantisipasi penumpukan massa, proses distribusi akan dilakukan dengan sistem berjenjang dari Pemerintah Kecamatan ke Pemerintah Desa, dan akan didistribusikan oleh Kepala Jaga ke masyarakat yang sudah didata sesuai ketentuan yang berlaku,” tutup Mangala.

Sebanyak 104,2 ton beras, 20.834 liter minyak goreng 20.834 baki telur, 10.417 dos mie instan dan ribuan paket vitamin. Akan dikemas 5 Kg Beras, 20 Bungkus mie instan, 1 Baki Telur, 1 Kg Minyak Goreng dan Vitamin untuk dibagikan per KK dari jumlah 20,800 KK.

Sebagai informasi, Pemkab Minahasa telah menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk bansos. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Pemkab Minahasa terhadap masyarakat yang terdampak virus corona. (kim)