Buktikan Komitmen, OD-SK Terus Salurkan Ratusan Ribu Bantuan Untuk Masyarakat Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Buktikan komitmen penanganan Covid 19, Pemerintah Provinsi Sulut terus menyalurkan bantuan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara yang tersebar di 15 Kabupaten/kota di Provinsi Sulut.

Tidak tanggung-tanggung, bantuan untuk warga terdampak Covid-19 ini telah disalurkan menembus ratusan ribu paket sembako. 

Hal ini meeupakan arahan langsung dari orang nomor satu di Sulut yaitu Gubernur Olly Dondokambey.

Bantuan Pemprov Sulut sendiri telah didistribusikan lewat lembaga keagamaan sebelum dibagikan door to door ke rumah-rumah warga. Ini dilakukan agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing.

Adapun, paket sembako Pemprov Sulut dikemas dalam tas berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker. 

Jumlah ratusan ribu paket sembako yang dibagikan tersebut berdasarkan surat permohonan dan lampiran data warga penerima bansos yang dikirim lembaga keagamaan ke Pemprov Sulut.

Di beberapa daerah, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw berkesempatan membawa langsung paket sembako tersebut. Diantaranya, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Minahasa Selatan dan Minahasa Utara. 

Di setiap memberi bantuan, Gubernur Olly selalu mengingatkan agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Sulut.

“Kami datang ke sini bersama Forkopimda Provinsi Sulut. Rakyat lagi harus baku tau, baku dengar dengan pemerintah supaya dalam rangka pencegahan Covid-19 melebar ke mana-mana torang bisa atasi bersama-sama. Pemerintah memberikan bantuan didalam setiap kantong ada masker jadi semua keluarga dapat masker, agar supaya kalau mau bersosialisasi dengan lebih dari 5 sampai 10 orang harus tetap menggunakan masker,” kata Olly, di sela-sela penyerahan paket sembako di Pulau Mantehage Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (22/5/2020).

Selain masker, Gubernur Olly mengimbau masyarakat Sulut tetap mengikuti protokol kesehatan dan menerapkan social dan physical distancing. Seperti, rajin mencuci tangan dengan sabun, tetap tinggal di rumah dan jaga jarak aman. Hal ini jika disiplin dilakukan oleh seluruh masyarakat akan memutuskan rantai penyebaran Virus Corona.

Tercatat hingga Senin (25/5/2020) bantuan yang telah disalurkan Pemprov Sulut sebanyak 161.107 paket sembako. 

Adapun paket sembako sesuai dengan 15 kabupaten/kota di Sulut:

Minut 28.601

Minahasa 12.955

Manado 49.214

Bitung 16.332

Bolsel 150

Tomohon 8.869

Mitra 1.922

Boltim 1.152

Bolmut 3.150

Minsel 11.244

Kotamobagu 9.751

Bolmong 6.367

Sangihe 3.223

Sitaro 4.133

Talaud 4.044

Bantuan Pemprov Sulut akan terus disalurkan hingga mencapai 255.000 paket sembako. (Chris/ADVETORIAL)