KPU Bitung Siap Lanjutkan Tahapan Pilkada, Bawaslu Siap Mengawasi

TopikSulut,Bitung- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Bitung menyatakan siap melanjutkan tahapan Pilkada yang sempat tertunda karena pandemic covid-19, menyusul adanya kesepakatan Komisi 2 DPR RI, pemerintah, KPU dan Bawaslu untuk melaksanakan Pilkada pada 9 Desember 2020, sesuai Perppu nomor 2 tahun 2020.

Desli Sumampouw dan Deiby Londok

Ketua KPU kota Bitung, Desli Sumampouw, SE mengatakan, pihaknya siap melanjutkan tahapan pilkada mulai dari pengaktifan kembali lembaga add hock yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pembentukan petugas pemutahiran data pemilih serta pencatatan dan penelitian calon pemilih.

“Saat ini kami tinggal menunggu Peraturan KPU tentang jadwal, tahapan dan program serta petunjuk teknis lainnya. Jika semua itu sudah ada, akan langsung kami laksanakan,” kata Sumampouw sembari menambahkan, semua akan dilakukan dengan menyesuaikan protokol covid-19.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Bitung, Sammy Rumamby, ST MAP mengatakan, pihaknya siap melaksanakan pengawasan tahapan pilkada. “Kami menunggu tahapan dimulai dan peraturan Bawaslu tentang pengawasan setiap tahapan. Tapi intinya, kami sudah sangat siap melakukan pengawasan semua tahapan pilkada ditengah wabah covid-19 ini, kata Rumamby.

Sementara itu, ketua Bawaslu Bitung, Deiby Londok, SE mengatakan, dalam waktu dekat Bawaslu Bitung akan mengaktifkan kembali Panwaslu Kecamatan dan pelantikan Panwas Kelurahan yang sudah diseleksi beberapa waktu lalu.

“Kami tinggal menunggu petunjuk Bawaslu RI dan provinsi untuk mengaktifkan kembali Panwascam dan pelantikan Panwas Kelurahan untuk nantinya bersama-sama melakukan pengawasan tahapan pilkada, yang tentunya akan menyesuaikan dengan protokol covid-19,” tandas Londok. (tim)