Bawaslu Bitung Gelar Rakor Evaluasi Pengawasan Coklit

TopikSulut,Bitung- Sebagai lembaga yang diberi mandat oleh Undang-undang untuk melakukan pengawasan Pemilu, baik legislatif, Presiden dan Wakil Presiden hingga kepala dan wakil kepala daerah, Bawaslu Bitung, Kamis (6/7/2020) lalu menggelar rapat koordinasi evaluasi pengawasan pemutakhiran data pemilih di hotel Fave Bitung.

Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Bitung, Sammy Rumamby, ST MAP tersebut dihadiri oleh seluruh Panwaslu Kecamatan yang ada di kota Bitung serta staf.

Dalam sambutan serta araahannya, Sammy Rumamby mengatakan, Bawaslu harus memastikan hak pilih warga terjaga
Oleh karena itu, pengawasan pemutakhiran data pemilih harus ditingkatkan.

“Kita tidak membiarkan data pemilih dalam Pilkada nanti bermasalah. Semua yang sudah punya hak pilih harus diakomodir dalam data pemilih. Sebaliknya yang sudah tidak memenuhi syarat, seperti meninggal dan lainnya harus benar-benar dihapus, supaya tidak menimbulkan masalah,” ujar Rumamby.

Pihaknya kata Rumamby, mendorong semua jajaran baik Panwascam maupun Panwas Kelurahan untuk melakukan pengawasan melekat terhadap proses pencocokan dan penelitan data pemilih yang saat ini sementara dilaksnakan oleh KPU dan jajarannya.

“Kami akan buat daftar masalah dalam pelaksanaan coklit ini, untuk selanjutnya disampaikan ke KPU, agar diperbaiki. Hal ini dikarenakan data pemilih sangat penting dan butuh perhatian, supaya tidak menimbulkan masalah,” tegas mantan ketua KPU Bitung ini.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Sekretariat Bawaslu Bitung, Herdy Kalengkongan, SH yang turut hadir, menyampaikan beberapa hal terkait administrasi pendukung dalam kerja-kerja pengawasan dan lainnya. (hfg)