Bawaslu Bitung Temukan Ratusan Pemilih Belum Dicoklit

TopikSulut,Bitung- Tahapan Pencocokan dan Penelitan (Coklit) yang dilakukan oleh KPU melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari 15 Juli sampai Agustus, oleh Bawaslu ditemukan ratusan warga yang belum tercoklit.

Hal ini dikatakan Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bitung, Sammy Joseph Rumamby, ST MAP, Selasa (18/8). “Hasil pengawasan kami dilapangan pasca tahapan coklit berakhir pada 15 Agustus, ternyata masih ada ratusan warga yang belum dicoklit,” ujar Rumamby.

Lanjut dikatakannya, hasil pengawasan oleh Panwas Kelurahan dan Kecamatan, selain masij banyak yang ditemukan belum dicoklit, juga ada masalah lain diantarnya, satu keluarga di coklit oleh lebih dari PPDP, masih ada pemilih yang memenuhi syarat tidak ada dalam form A.KWK dan lainnya.

“Kami juga menemukan ada pemilih yang sudah seharusnya Tidak Memenuhi Syarat, tapi masih ada di A.KWK. Ada rumah puluhan rumah yang sudah dicoklit tapi tidak ditempel stiker. Ada yang sudah pindah domisili tapi tetap dicoklit dan ada yang sudah meninggal tapi masih ada di A.KWK,” ujar Rumamby.

Ditambahkan mantan ketua KPU Bitung ini, Bawaslu memiliki data akurat by name by adress semua masalah tersebut dan pihaknya telah meminta KPU Bitung untuk melakukan perbaikan.

“Kami sudah meminta KPU untuk memperbaiki semua masalah data pemilih ini, agar supaya saat pencoblosan nanti, hak konstitusi warga tetap terjaga dan yang sudah tidak memenuhi syarat harus benar-benar dihapus dalam daftar,” tegasnya. (hzq)