Lagi, Pimpinan Bawaslu RI Kunjungi Bitung

TopikSulut,Bitung- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bitung Kemali menerima kunjungan pimpinan Bawaslu RI, Sabtu (22/8/). Kali ini yang datang adalah Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu RI, Frits Edward Sirait, SH, LLM, P. hd. Sebelumnya beberapa waktu lalu, pimpinan Bawaslu RI, Koordinator Divisi Pengawasan, Moh Afifudin.

Kedatangan Frits Siregar ini didampini tenaga ahli serta ketua Bawaslu Sulut, Dr Herwyn J Malonda, SH, SPd, MPd, MH serta pimpinan Bawaslu Sulut lainnya, Supriyadi Pangelu, SH MH dan Awaludin Umbola, S. Hut, diterima ketua Bawaslu Bitung, Deiby Londok, SE dan pimpinan Bawaslu Bitung lainnya, Joseph Sammy Rumamby, ST MAP serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Bitung, Herdy Kalengkongan, S. Sos.

Pada kesempatan tersebut, Frits Siregar melakukan dialog sekaligus memberi arahan kepada seluruh Panwaslu Kecamatan se Kota Bitung. Dalam arahannya Siregar mengatakan, Panwascam harus memiliki keberanian dalam melakukan pengawasan, meski harus diperhadapkan dengan banyak tantangan dilapangan.

“Modal pengawas itu harus berani. Tuangkan semua hasil pengawasan dalam form A, atau Laporan Hasil Pengawasan, karena itu dasar dari semua hal untuk melihat apakah ada dugaan pelanggaran atau tidak,” kata Siregar. Ditambahkannya, tugas pengawas pemilu sangat luas dan memiliki kewenangan besar, karena diber ruang oleh Undang-undang. “Undang-undang memberikan tugas dan kewenangan buat pengawas. Jadi kita harus laksanakan itu,” tegasnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Bitung, Deiby Londok, SE dan Pimpinan Bawaslu Bitung, Joseph Sammy Rumamby, ST MAP mengucapkan terima kasih atas kunjungan pimpinan Bawaslu RI dan Bawaslu Sulut ke kota Bitung. “Terima kasih atas kunjungan pimpinan Bawaslu ke Bitung,” tukas Londok saat menyerahkan cenderamata berupa miniatur macaca nigra atau yaki pantat merah kepada pimpinan Bawaslu RI, Frits Siregar. (hzq)