Terkait Mobile PCR dan Perencanaan Laboratorium RT-PCR, Bupati Kunjungi Kemenkes RI

MINAHASA, topiksulut.com -Terus memaksimal penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa, Bupati Minahasa DR Royke Oktavian Roring.M.Si kunjungi langsung Kemenkes RI.

Maksud kunjungan Ror, sapaan akrab Bupati Minahasa, ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI di kawasan Jl. H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan. Untuk menindaklanjuti permohonan bantuan dari Pemkab Minahasa terkait pengadaan Mobile PCR dan perencanaan Laboratorium RT-PCR serta cartridge untuk alat TCM-TB yang sementara waktu dipinjam bagi pemeriksaan SWAB untuk memeriksa Covid-19. Rabu, (26/8) 2020.

Di Kemenkes, Bupati ROR menemui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid serta Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) sekaligus Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes), Prof. dr. Abdul Kadir, Phd, Sp.THT-KL(K).

Bupati Ror bersama Prof. dr. Abdul Kadir, Phd, Sp.THT-KL

“Selama beberapa bulan ini kita sudah memaksimalkan apa yang menjadi tugas kita terkait penanganan Covid-19 tetapi di Minahasa masih ada juga penambahan kasus positif karena itu kita terus meningkatkan dan secara intens melakukan surveilans baik lewat rapid maupun Swab test,” terang Bupati Roring.

Sayangnya, lanjut bupati Minahasa, waktu tunggu hasil swab test masih termasuk lama karena memakan waktu dua minggu sampai sebulan sehingga dikuatirkan virus bisa terus menyebar apalagi dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Karena itu kami terus mengupayakan agar ada PCR mobile dan kami bisa mengadakan laboratorium RT-PCR di Minahasa yang permohonannya sudah disampaikan beberapa waktu lalu dan harus ditindaklanjuti,” jelas bupati yang kebetulan sehari sebelumnya bisa bertemu Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr. Terawan Agus Putranto saat dalam perjalanan ke Jakarta sehingga bupati langsung mengambil kesempatan itu untuk menindaklanjutinya kepada direktur sesuai petunjuk Menkes.

Selain itu kepada Plt Dirjen Yankes, bupati menyampaikan program-program kesehatan di Kabupaten Minahasa juga perencanaan program di Tahun 2021 mendatang. “Harapan kami akan ada bantuan dan dukungan dari Kemenkes khususnya Dirjen Yankes.” tukasnya. (kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *