Maksimalkan Potensi Alam Minahasa, Bupati Ror Koordinasi Ditjen SDA Kementerian PUPR

MINAHASA, topiksulut.com – Potensi alam Kabupaten Minahasa sangat menjanjikan, khususnya pantai Timur Minahasa. Dalam beberapa kali kunjungan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, bupati melihat betapa besar potensi pantai dan laut di wilayah tersebut. Demikian juga halnya dengan Danau Tondano yang kini oleh pemerintah pusat ditetapkan menjadi salah satu danau prioritas.

Menindak lanjuti, Ror sapaan akrab Bupati Minahasa mengunjungi Ditjen SDA Kementerian PUPR dalam rangka Koordinasi Pemanfaatan Danau dan Pantai.
Jakarta, Jumat 28 Agustus 2020.

Kunjungan Bupati ROR ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diterima langsung oleh Direktur Sungai dan Pantai, Ir. Bob Arthur Lombogia serta Direktur Bendungan dan Danau Airlangga Mardjono, ST, MT. Kunjungan kali ini untuk berkoordinasi tentang rencana pengembangan daerah-daerah pantai di Kab. Minahasa serta Danau Tondano.

“Ya, maksud kunjungan dalam rangka koordinasi pemerintah daerah (Kabupaten Minahasa) dengan pemerintah pusat guna pemanfaatan Danau dan pantai,” ujar Ror.

Dijelaskan bupati untuk pantai dikemukakan rencana pengembangan potensinya termasuk untuk pariwisata yang tentu bisa meningkatkan ekonomi rakyat. Sementara untuk Danau Tondano dengan segala permasalahannya, bupati membawa hasil koordinasi dengan instansi baik vertikal maupun Pemprov Sulut dengan Pemkab Minahasa yang belum lama digelar.

“Untuk Danau Tondano yang menjadi fokus kita adalah upaya penyelamatannya karena terus terjadi pendangkalan tetapi harus juga dipikirkan bagaimana danau ini tetap bisa menghidupi warga sekitar bahkan keperluan energi dalam hal ini menjadi sumber daya bagi pemutar turbin pembangkit listrik,” tambah bupati sembari berharap Lombogia yang juga putera asli Sulut ini juga Direktur Danau dan Bendungan dapat membantu upaya Pemkab Minahasa yang juga didukung Pemprov Sulut ini.(kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *