Hadirkan Jeyri Sumampouw Dan Ray Rangkuti, Bawaslu Bitung Gelar Rakor Pengawasan Daftar Pemilih

TopikSulut,Bitung- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bitung, Senin (7/9) menggelar rapar koordinasi (rakor) Pengawasan daftar pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung tahun 2020.

Dalam pelaksanaan rakor yang dibuka oleh anggota Bawaslu Bitung, Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesian Sengketa, Zulkifly Densi, menghadirkan narasumber tingkat nasional, yakni Kornas Komite Pemilih Indoneaia (TEPI), Jeyri Sumampouw dan Koordinator Lingkar Madani, Ray Rangkuti.

Sumampouw mengatakan, data pemilih sangat penting karena berkaitan dengan logistik, seperti surat suara dan lainnya. “Surat suara tidak boleh dicetak lebih. Harus sesuai dengan jumlah pemilih. Jadi kalau data pemilih bermasalah, berpotensi menghilangkan hak pilih,” tegas Sumampouw.

Kualitas data pemilih kata Sumampouw, sangat berpengaruh pada kualitas pilkada. “Pendataan data pemilih salah satu yang paling panjang dalam tahapan pemilihan dan berpotensi adanya pelanggaran,” kata Sumampouw.

Sementara itu, Ray Rangkuti mengatakan, pilkada tahun ini memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menilai kualitas pemimpin daerah, terutama dalam penanganan covid-19. “Kalau petahana dinilai bagus kinerjanya, masyarakat bisa memberi mandat kembali. Tapi kalau ternyata kurang baik, maka ini kesempatan untuk mencari pemimpin baru,” kata Ray Rangkuti. (hzq)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *