Fun Bike “Torang Pe Nike Minahasa”, Kemenkumham Apresiasi Pemkab Minahasa

MINAHASA, topiksulut.com – Bupati Minahasa DR.Ir. Royke Octavian Roring, MSi membuka acara Fun Bike “Torang Pe Nike Minahasa” di Outdoor Benteng Moraya Kabupaten Minahasa. Sabtu 19 September 2020.

Dihadiri Kakanwil Kemenkumham Lumaksono,SH,MH , Dandim 1302 Minahasa Letkol Infrantri Herbeth Andi Amino, Kejari Minahasa Rahkmat Budiman Sh,Mkn, Ketua Pengadilan Minahasa ST,Iko Sudjatmiko SH,MH, Direktur Umum PT Bank Sulutgo Refino Pepa (Ketua Ikatan Sepeda Indonesia Sulut). Kegiatan ini diselenggarakan dengan menggunakan Protokol Kesehatan.

Laporan Ketua Panitia KNPI Minahasa Rifky Johanes Roring menyampaikan tujuan diselenggarakan Kegiatan ini adalah untuk mendeklarasikan Hak Paten Ikan Nike sebagai Ikan asli yang berasal dari Minahasa khususnya dari Danau Tondano dan juga mempromosikan ikan Nike dan Danau Tondano sebagai Aset dan Ikon pariwisata yang ada di Minahasa. Kegiatan fun bike ini menempuh jarak kurang lebih 42 KM. Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa, KNPI Minahasa, Pengadilan Negeri Manado, serta Asosiasi Wartawan Minahasa.

Sambutan Bupati Minahasa menyampaikan Bersyukur karena kita dapat bersama-sama di tempat ini atas terselenggaranya acara Fun Bike dengan tujuan mengkampanyekan sekaligus mempatenkan ikan Nike sebagai ikan asli Minahasa.

“Dengan melalui kegiatan ini kiranya kita dapat mempererat kebersamaan serta kerja sama yang baik dalam kita memutus mata rantai Covid-19 di tengah-tengah masa pandemi ini. Sukses bagi kita semua dan sukses untuk Minahasa.” Ujar Bupati Minahasa.

Sambutan Kakanwil Kemenkumham Lumaksono SH,MH mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hut Provinsi Sulawesi Utara yang jatuh pada tanggal 23 September 2020 yg akan datang, dengan Tema Ikan Nike Sebagai Ikan Asli Minahasa. Lanjut Lumaksono tema ini dimaksudkan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Tua,muda,besar,kecil, untuk turut mengkampanyekan sehingga daerah kita memiliki jenis ikan endemik yang memperoleh perlindungan Hukum kekayaan Intelektual, keberhasilan tidak mungkin dicapai sendiri oleh pemerintah, tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Masyarakat. Oleh sebab itu pada kesemptan ini juga saya mengajak kita semua dengan kearifan lokal masyarakat disekitar danau Tondano kiranya turut membantu menjaga alam disekitar danau agar tetap lestari.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil Kemenkumham Lumaksono SH,MH menyampaikan apresiasi kepada Bupati Minahasa serta lapisan masyarakat Minahasa yang telah menyukseskan kegiatan ini. “Apresiasi kepada pemerintah daerah Minahasa, walaupun dimasa pandemi covid-19. Tetap menjaga jarak serta menerapkan protokol kesehatan yang ada,”tukasnya.(Kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *