Pokdar kamtibmas Bhayangkara Daerah Sulut Resmi Dikukuhkan

TOPIKSULUT.COM, SULUT – Kapolda Sulawesi Utara melalui Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata mengukuhkan Kepengurusan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar kamtibmas) Bhayangkara Daerah Sulawesi Utara masa bakti 2020 -2024.

Pelaksanaan Pengukuhan Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Sulut ini dilaksanakan di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Rabu (23/9/2020).

Proses pengukuhan ditandai dengan pernyataan pengukuhan oleh Wakapolda Sulut, dilanjutkan dengan penyerahan pataka Pokdarkamtibmas dari Ketua Pokdar Nasional Heru Riyadi kepada Wakapolda yang diteruskan kepada Ketua Pokdarkamtibmas Sulawesi Utara Laurens Tirayoh, dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengukuhan.

Dalam sambutan, Wakapolda mengatakan, Pokdar kamtibmas Bhayangkara yang sadar akan keamanan dan ketertiban masyarakat ini adalah mitra Polri yang selalu menjadi pelopor untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

“Saya berharap keberadaan organisasi Kelompok Sadar Kamtibmas Bhayangkara ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk ganguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara,” ujar Wakapolda, membacakan sambutan Kapolda.

Pada kesempatan itu juga Wakapolda mengajak dan mengingatkan semua pihak untuk sama-sama menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020, dengan tetap mempedomani protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, seperti Memakai makser, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Sementara itu Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi, SH. MH dalam sambutannya mengatakan sangat berbahagia berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tinggi nya kepada Bapak Kapolda Sulawesi Utara beserta jajarannya yang telah mewujudkan acara Pelantikan sekaligus Pengukuhan Pengurus POKDARKAMTIBMAS BHAYANGKARA DAERAH Sulawesi Utara sebagai wujud Pembinaan.

“Bahwa pada hakekat nya organisasi ini adalah Mitra POLRI, ujung tombak fungsi preemptive kepolisian di masyarakat, sedangkan POLRI sebagai organ Negara Pemerintah keduanya harus bersatu padu, bersama-sama membina masyarakat yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafur, negri yang selaras antara kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya, negri yang penduduk nya subur dan makmur, namun tidak lupa untuk bersyukur. Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat hari jadi Provinsi Sulawesi Utara yang ke 56 yang bertepatan dengan pelantikan Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Sulut, ini merupakan hadiah bagi pemerintah Provinsi Sulut.” Ujar Ketum.

Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pelopor dengan segala daya upaya yang terencana serta sistimatis didalam menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat yang peduli keamanaan lingkungan.

Menyadari tugas dan fungsi tersebut, adalah berdasarkan

1. Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

2. Surat Keputusan Kapolri No. : SKEP/831/XI/2005 Tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.

Disisi lain Ketum berharap keberadaan organisasi POKDAR KAMTIBMAS BHAYANGKARA ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan KAMTIBMAS di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara.

Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi menitipkan pesan kepada Kapolda Sulut untuk dapat membina pengurus dan anggota Pokdar Kamtibmas dari tingkat Daerah, Resor, Kabupaten, Sektor, Kecamatan dan Sub-Sektor, Desa.

” Pokdar Kamtibmas Sulut agar dapat bermanfaat dalam turut berpartisipasi aktif membantu Pemerintah Daerah dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah anggota POLRI yang ada saat ini masih belum dapat mencapai jumlah yang ideal, sehingga diperlukan partisipasi dan peran aktif dari masyarakat. Target kami untuk Pengurus Daerah Sulawesi Utara ini adalah menyiapkan 20 Anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai pendamping bagi petugas Bhabin kamtibmas yang ada disetiap Desa atau kelurahan.” Ujar Ketum dalam sambutannya.

Adapun anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara ini berasal dari berbagai profesi, mulai dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para akademisi, praktisi hukum, pengurus lingkungan RT/RW yang peduli akan Kamtibmas di wilayah nya masing-masing.

Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi berpesan kepada Pengurus Daerah PokDar Kamtibmas Bhayangkara Daerah Sulawesi Utara yang baru saja dilantik, mengatakan selamat bekerja.

” Laksanakan apa yang menjadi komitmen dan tanggung jawab kita semua sebagai anggota PokDar Kamtibmas Bhayangkara sesuai amanat AD/ART organisasi, dan jaga nama baik institusi POLRI sebagai wujud pengabdian kita kepada negara. Kibarkan bendera pataka ini diseluruh wilayah hukum PolDa Sulawesi Utara, perkuat koordinasi dengan seluruh jajaran pembina baik ditingkat PolDa, PolRes, PolSek sampai dengan Bhabinkamtibmas di desa atau kelurahan. Tularkan kepada masyarakat akan pentingnya kepedulian dan kesadaran akan HARKAMTIBMAS (Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Selalu siap ikut serta membantu mensukseskan program pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah Sulawesi Utara didalam menanggulangi penyebaran Virus-COVID-19 di Era New Normal ini sebagai Pelopor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan COVID-19, ikut membantu POLRI mengamankan PILKADA di bulan Desember 2020.” Ungkap Ketum.

Akhir kata dari Ketum dalam sambutannya , jadikanlah kegiatan kita di organisasi ini sebagai salah satu ladang ibadah bagi kita semua.

Sebagai penutup, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi membacakan pantun kepada semua yang hadir.

PADUKA BERTUAH PEJUANG NEGERI
GELAR ADAT YANG SUDAH DIBERI
POKDARKAMTIBMAS WADAH MENJALIN SILATURAHMI
AGAR DAMAI TENTRAM DI HATI.


BESAR SEUTAS KABEL PLN
ADANYA LAYANGAN JADI PELOPOR
PODARKAMTIBMAS BHAYANGKARA SULUT PALING KEREN
PENGURUS NYA SAJA ADA YANG PROFESOR.

Dalam kesempatan tersebut juga, Ketua
Pokdar Kamtibmas Daerah Sulawesi Utara yang diketuai oleh Laurens Tirajoh, STh, SIP menyampaikan terima kasih kepada Wakapolda Sulut dan Ketua Umum Nasional Pokdar Kamtibnas dan semua yang hadir.

“Pokdar Kamtibmas ini tujuannya kita bekerja dengan segenap hati dan tulus semua akan jadi baik jika kita bekerja bersama sama. Kehadiran dari Ketum adalah merupakan satu kebanggaan dan sejarah bagi kami.” Ungkap Tirajoh penuh optimisme.

Sebagaimana Surat Keputusan  SK.Kepengurusan No.10/PKB/Sulut/IX/2020 tentang Pengurus Pokdar Kamtibmas Daerah Sulawesi Utara yang diketuai oleh Laurens Tirajoh, STh, SIP Wakil Ketua Daerah 1. DR. Wempie Kumendong, SH, MH, Wakil Ketua Daerah 2. Subianto Ruchban, Wakil Ketua 3. Ming Kondoy, Wakil Ketua 4. Salmon Amuna, Sekretaris Johanes F. Lambuwun, Wakil Sekretaris Jenny Polii, SE . Bendahara Tommy Ngangi, Wakil Bendahara 1 Meyta Walla, Wakil Bendahara 2 Ronal A. Mapaliey, SIP.

Hadir juga dalam acara pengukuhan, perwakilan Forkopimda Sulawesi Utara dan para PJU Polda Sulut.(LL)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *