Olly Dondokambey Bidik China dan Taiwan Usai Sukses Ekspor ke Jepang

Topiksulut.com, POLITIK – Calon Petahana Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengungkapkan, setelah berhasil menembus pasar ekspor langsung Manado-Jepang, produk perikanan dan pertanian Sulut juga akan membidik negara lainnya di Asia Timur.

“Setelah Jepang, kita targetkan Taiwan dan China. Banyak buyers telah mengontak kita,” ungkap Olly dalam wawancara live CNN Indonesia dengan presenter Frida Lidwina, Kamis (08/10).

“Sebab untuk saat ini ekspor kita ke Jepang masih menggunakan kargo pesawat penumpang,” katanya.

Saat ini, Sulut sendiri telah melakukan tiga kali flight ekspor ke Narita dengan durasi tempuh 5 jam. “Atau setidaknya di bawah 8 jam, hasil komoditi ekspor kita sudah sampai di pasar (Jepang),” tukas OD.

Dibukanya ekspor langsung dengan menggunakan maskapai Garuda tersebut, memberi manfaat yang besar bagi perekonomian Sulut. Menjawab pertanyaan tentang potensi Sulut, Olly mengatakan 15 kabupaten di Sulut memiliki potensi besar memiliki di semua kabupaten/kota, cuma kendalanya (dulu) adalah transportasi. Namun sekarang sudah mulai (teratasi) dengan dibukanya ekspor langsung dari Manado ke Narita Jepang.”

Pengiriman pun, lanjutnya, sudah berasal dari berbagai daerah termasuk daerah kepulauan seperti Sangihe ysng barusan telah mengekspor tuna ke Jepang. “Ada sekitar 300 kg tuna dari Sangihe yang masuk,” katanya.

Olly pun optimis pasar luar negeri akan lebih terbuka ke depan, sehingga akan memberikan manfaat besar secara ekonomi bagi masyarakat di Sulut. (CHRIS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *