Edaran Pjs Walikota Bitung Keluar, THL, Pala Dan RT Wajib Netral di Pilkada

TopikSulut,Bitung- Sikap tegas Pjs Walikota Bitung Drs, Edison Humiang, MSi terhadap jajarannya, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), mulai dari Kepala Perangkat Daerah (KPD), Camat, Lurah untuk wajib netral, juga berlaku bagi Tenaga Harian Lepas (THL) sampai Kepala Lingkungan (Pala) dan Ketua RT.

Hal ini dibuktikan dengan melakukan penanda tanganan pakta integritas untuk pejabat tinggi pratama, Camat, Lurah. Tidak hanya itu, Pjs Wali kota Bitung Drs Edison Humiang M.Si, juga mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada Kepala Lingkungan (Pala), RT dan Tenaga Harian Lepas (THL) agar tetap netral selama tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

Dalam surat edaran Nomor:008/558/WK tertanggal 13 Oktober 2020 menegaskan jika Pala, RT dan THL yang notabennya sebagai unsur pembantu penyelenggara pemerintahan yang diangkat oleh pemerintah Kota Bitung agar menjaga netralitas.

Pjs Wali Kota Bitung, Edison Humiang mengatakan dalam surat edaran tersebut, sangat jelas disampaikan, jika Pala RT dan THL merupakan bagian dari pemerintah yang digaji lewat APBD.

“Melalui surat edaran ini saya berharap bisa dipedomani. Terlebih kepada Pala, RT dan THL agar bisa menjaga netralitas,” kata Humiang, Rabu (14/10/2020).

Adapun beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam surat edaran tersebut yakni, menjalankan tugas fungsi dalam pelayanan dengan tidak diskriminatif terhadap warga dan/atau golongan masyarakat tertentu, mengawasi dan menjaga situasi kondisi tetap kondusif di Wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, Pala, RT dan THL dihimbau untuk tidak melakukan/melibatkan diri dalam kegiatan yang mengarah kepada keberpihakkan terhadap salah satu pasangan calon Walikota/Wakil Walikota pada pilkada serentak Tahun 2020, serta enggunakan media sosial dengan bijak, tidak untuk kepentingan salah satu pasangan calon tertentu dan tidak menyebarkan berita bohong serta ujaran kebencianenolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun serta menjaga asas demokratis;

“Bahwa untuk menjamin efektifitas pelaksanaan surat edaran ini, dimintakan kepada pimpinan unit kerja masing-masing melakukan pengawasan terhadap para Kepala Lingkungan, Ketua RT dan THL dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada.

“Pakta integritas ini berlaku juga kepada saya sebagai Pjs Wali kota hingga Ketua RT dan Kepala Lingkungan (RT) netral,” tegas Humiang.

Jika tidak netral, tegas tercamtun dalam poin ke 5 ada sanksi sesuai ketetuan dan undang-undang yang berlaku sampai ke pemecatan. “Pakta integritas adalah komitmen, keteguhan untuk hal yang menjadi kewajiban. Tidak ada unsur paksaan. Karena ini wajib kita lakukan, dalam pelaksanaan tugas pemerintahan yang bersih, berwibawah di kota Bitung,” tambahnya.

Lanjut dia lagi, pakta integritas adalah komitmen adminstrasi yang baik.

Kepada jajaran pemkot Bitung Humiang mohon dengan sadar dan sesungguh terhadap apa yang dilakukan. (hzq)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *