Menjadi Petugas KPPS Kurang di Minati Warga

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Warga yang berminat menjadi Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pilwako Manado dan Pilgub Sulut tahun 2020 sangat kurang.

Buktinya, berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Manado, hingga batas waktu pendaftaran pada Selasa (13/10/2020) kemarin, pendaftar KPPS Pilwako Manado dan Pilgub Sulut hanya sebanyak 3.718 orang.

Padahal, kuota yang ada adalah 8.811 orang untuk bertugas di 979 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah Kota Manado.

Komisioner KPU Manado Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Ismail Harun mengungkapkan, dari 11 kecamatan, baru satu kecamatan yang kuotanya lengkap.

“Untuk kecamatan bunaken kepulauan sudah lengkap semua. Di 10 kecamatan yang lain, ada kelurahan yang sudah terpenuhi jumlah kebutuhan KPPS, ada juga yang diperpanjang,” ungkapnya, pada Rabu (14/10/2020).

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, pendaftaran KPPS untuk TPS yang belum memenuhi kuota dinyatakan diperpanjang sampai lima hari ke depan.

“Saat ini kami juga sedang mengevaluasi penyebab rendahnya jumlah pendaftar KPPS,” akunya.

Dia menambahkan, syarat pendaftaran petugas pemungutan suara pada Pilkada Serentak kali ini terhitung cukup mudah. “Untuk persyaratan lengkapnya bisa diunduh pada website resmi KPU Manado,” tandasnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *