Surat Suara mulai di cetak

TOPIK SULUT.COM, MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah melakukan approval desain surat suara. Pun, surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2020 mulai dicetak, Sabtu (7/11/2020).

Diketahui, pengerjaannya dilakukan oleh PT. Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, sebagai penyedia. Perusahaan jasa ini juga menjadi penyedia yang mencetak surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Sulawei Utara.

Approval dilakukan oleh Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, didampingi Komisioner KPU Sulut Lanny A. Ointu, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti di depan perwakilan penyedia.

Kegiatan ini juga diawasi langsung Bawaslu Sulut Pimpinan Kenly Poluan,  dan dihadiri Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, Kapolda Sulut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Mayer Putong.

General Manager PT Temprina Media Grafika didampingi kepala produksi serta pimpinan proyek, menjelaskan tentang proses cetak, sortir dan distribusi. Pihak penyedia menargetkan pengerjaan surat suara tersebut akan tuntas dalam waktu 2 hari. Selanjutnya akan dilakukan pengesetan dan distribusi menggunakan kapal laut. Estimasi waktu untuk distribusi surat suara akan tiba di KPU Kabupaten/kota pada 10 November 2020.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, jumlah surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur adalah sebanyak jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Total yang akan dicetak sebanyak 1.880.495 lembar surat suara.

“Kami ingatkan kepada pihak penyedia tentang kualitas surat suara harus konsisten sesuai desain yang diserahkan. Kami meminta surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota tujuh kabupaten/Kota di Sulut, didistribusikan bersamaan dengan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” harap dia.

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni mengatakan, kami meminta pihak penyedia mendahulukan pendistribusian surat suara di KPU kabupaten/kota se-Sulut dari daerah lain.

“Alasannya, Wilayah Sulut memiliki tiga kabupaten yang lokasinya jauh yaitu Kabupaten Sangihe, Kabupaten Sitaro dan Kabupaten Talaud,” terang dia.

Kapolda Sulut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, kami meminta pihak penyedia menginformasikan secepatnya apabila surat suara telah tiba di Pelabuhan Bitung.

“Kami menyiapkaan persoel kepolisian untuk mengamankan surat suara yang ada di pelabuhan hingga diantar ke KPU kabupaten/Kota. Kami juga melakukan pengamanan di lokasi percetakan surat suara. Ada sejumlah personel yang ditugaskan untuk memastikan surat suara dicetak sesuai ketentuan dalam PKPU,” beber dia.

Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti mengatakan, kami telah menugaskan staf untuk mengawasi selama proses cetak hingga distribusi. “Dari kami juga sudah ada yang mengawasli proses cetak ini hingga distribusi ke kabupaten/kota,” tutup dia.

Diketahui, pertemuan tersebut diakhiri dengan menyaksikan proses cetak, cara penyortiran dan pengepakan surat suara yang dilakukan PT. Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur (TS/*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *