KPU RI Canangkan Gerakan Dukung Perekaman KTP-el di Minahasa Utara

Minahasa Utara98 Dilihat

Minut-Pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Minahasa Utara dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 serta dalam upaya menyempurnakan DPT yang terbuka, akuntabel, dan partisipatif, maka KPU Minut menggelar Gerakan Dukung Rekam KTP-el Serentak di Kantor Camat Kalawat, Jumat 13 November 2020 dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Minut Stella Runtu.

Giat ini dihadiri dan dimonitor langsung oleh Anggota KPU RI Viryan Aziz, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara, Pjs Gubernur Sulut, Kadis Capil Sulut, Forkopimda Minut, Bawaslu Minut, Kadis Capil Minut, dan Komisioner KPU Minut.


“Program Perekaman KTP-el, merupakan kerjasama antara KPU dan Capil untuk mengakomodir wajib pilih yang belum melakukan perekaman”, pungkas Runtu dalam sambutannya.


Dalam kegiatan ini, Pjs Gubernur Sulut kemudian Launching Gerakan Dukung Rekam KTP-el dipimpin langsung oleh Anggota KPU RI Viryan Aziz.

“Gerakan ini merupakan inisiasi KPU dalam rangka mendukung percepatan perekaman KTP-el bagi wajib pilih di seluruh Indonesia”, ujar Aziz selaku Anggota KPU RI Divisi Data dan Informasi.

Baca juga:  Diduga Kumtua Watutumou Pecat 5 Pala Secara Sepihak


Dari keterangannya, di Indonesia jumlah DPT 100.359.152 tersebar 298.939 TPS , 46.747 Desa/Kelurahan, 4242 Kecamatan, 309 kabupaten/kota.

“Dari 4.242 Kecamatan, saat ini kita
berkumpul di kecamatan ini yang melaksanakan kegiatan gerakan untuk mendukung percepatan perekaman KTP elektronik untuk pilkada serentak 2020. Pada data minggu lalu, masih ada 1.754.751 orang yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Kita berikhtiar, melakukan gerakan masif, terstruktur dan kolaboratif mudah-mudahan bisa dalam posisi nol di tanggal 9 Desember 2020,” katanya.


Selain itu 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut juga melaporkan proses perkembangan perekaman KTP-el di wilayahnya masing-masing secara daring yang dipandu oleh Ardiles Mewoh selaku Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara.


Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi TPS Sehat Pemilih Selamat kepada Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Ketua Karang Taruna se-Kecamatan Kalawat dibuka
langsung oleh ketua Divisi Sosparmas Hendra Lumanauw dan langsung dilanjutkan pemateri pertama Viryan Aziz.

Baca juga:  JGKWL Disuntik Vaksin Sinovac di RSUD Maria Walanda Maramis


Aziz langsung menjelaskan bagaimana aturan-aturan menurut PKPU dan apa saja mekanisme yang diatur di TPS nantinya.
Menjadi pemateri kedua Pjs Bupati yang banyak menjelaskan kepada masyarakat pada saat nantinya datang ke TPS harus dengan Protap Kesehatan Penanganan Covid-19.


“Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Namun masih banyak masyarakat yang masih belum sadar dan paham terhadap pemakaian masker sebagai salah satu cara mengatasi penularan virus ini,” pungkas Clay.


Membawakan materi ketiga Kapolres Minut yang banyak menekankan ketegasan dari aparat kepolisian untuk memberi efek jera kepada masyarakat yang tidak paham penting terhadap
Covid-19 ini.


“Kami selalu bersinergi keras melaksanakan Operasi Yustisi untuk mengatasi para pelanggar yang
masih santai dan acuh tentang penggunaan masker ini. Masih banyak yang kami dapatkan di lapangan saat operasi yang tidak menggunakan masker dan mereka di suruh mengucapkan Pancasila dan Push up,” tambah Kapolres. (GB)