Pjs Bupati Minut Dukung Aplikasi DANA Untuk UMKM di Minut

Minahasa Utara107 Dilihat

TopikSulut.com,Minut – Pemkab Minut bekerjasama dengan perusahaan aplikasi DANA menggelar sosialisasi Minahasa Utara Siap Digital yang dilaksanakan di pendopo kantor Bupati Minut, Selasa 17 November 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana SE MHan, Kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Airmadidi Mohamad Soleh SH MH, perwakilan Polres Minut serta ratusan pelaku usaha UMKM dan kepala SKPD jajaran Pemkab Minut.


Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey mengatakan, sosialisasi ini sangat penting bagi pelaku usaha. Sebab, kegiatan ini sangat berkaloborasi antara pemerintah daerah, perbankan dan pihak DANA.

“Kegiatan ini sangat baik untuk menangkap peluang di tengah-tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini sangat baik untuk membantu UMKM dalam bertransaksi,” katanya.

Baca juga:  Bupati JG Berikan Bantuan Bagi Warga di 4 Pulau


Diakuinya, aplikasi uang elektronik sangat baik di era digital seperti sekarang ini. Dengan demikian, perekonomian akan terus berlanjut ditengah Pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini, maka pada hari ini bisa dikatakan sebagai hari kebangkitan momentum di Minut dengan transformasi digital,” ungkapnya.


Dirinya pun mendorong agar pelaku usaha agar bisa mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) agar pengembangan usaha bisa lebih besar. Sebab pada saat kegiatan itu juga dilaksanakan pendaftaran NIB bagi pelaku usaha.

“Minut sebagai daerah yang akan bertumbuh kembang pesat, harus mampu bersaing dalam berbagai usaha mengingat daerah ini diapit oleh Kota Manado dan Kota Bitung sebagai daerah yang berkembang,” tambahnya.


Sementara itu, Ditasa Devi selaku Senior Marchant Acquiring and Operation Manager DANA mengatakan, aplikasi DANA adalah aplikasi uang elektronik yang memang sangat praktis karena bisa digunakan melalui handphone saja. Cara menggunakan dana yang mudah akan membuat pelaku usaha sangat terbantu karena tidak perlu membawa uang cash yang beresiko besar.

Baca juga:  Pemerintah Desa Werot Transparan Soal Anggaran Desa


Bahkan di Indonesia sendiri dalam 2 tahun berdirinya aplikasi DANA ini, sudah ada 40 juta pengguna aplikasi. “Aplikasi ini sangat memudahkan transaksi secara online. Di Indonesia ada sekitar 150 UMKM sudah menggunakan dana bisnis dan bisa transaksi meski secara offline,” tambahnya.


Chief People Officer DANA Indonesia, Agustina Samara mengatakan, keunggulan aplikasi ini sangat baik untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk hingga keluar daerah Minut.

“Aplikasi ini juga sangat baik karena pelaku usaha bisa menjual keunikan dari Minut dan bisa bertransaksi lewat aplikasi DANA,” tambahnya. (GB)