MAPPILU – PWI dan KPU Sulut Gelar Sosialisasi “Menuju Pilkada 2020 Berkualitas dan Aman dari Covid-19”

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Komunitas Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu PWI pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 bertempat di Cafe Basombar, Tikala Manado, Jumat (20/11/2020) sore.

Program kerja sama antara Mappilu PWI Sulut dengan KPU Sulut ini mengangkat tema ‘Menuju Pilkada 2020 Berkualitas dan Aman dari Covid-19’.

Sosialisasi yang berbentuk diskusi antara pemateri dan peserta, sangat menarik karena saling memberikan informasi terkait tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak pada tanggal 09 Desember 2020.

Pemateri terdiri atas Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan dan Ketua Mappilu Sulut, Jimmy Senduk dan dimoderatori Ketua Mappilu Manado, Herry Rumondor.

Membuka kegiatan sosialisasi, Herry Rumondor mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang bersifat diskusi inipun lebih menjadikan bagaimana peran Mappilu PWI menghadapi tahapan-tahapan Pilkada 2020.

“Termasuk pula, bagaimana Mappilu PWI selaku mitra KPU, Bawaslu memantau tahapan-tahapan Pilkada dan semua Calon Kepala Daerah dalam mendukung terlaksananya Pilkada yang aman, damai tapi sehat, sehingga selain mendorong adanya partisipasi pemilih, namun juga masyarakatnya atau pemilih terhindar dari Covid-19, dan tidak terjadinya klaster baru,” ungkap Rumondor.

Sementara, Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan menekankan soal tugas-tugas jurnalistik yang profesional, independen dan taat pada kode etik jurnalistik dan UU Pers No 40 tahun 1999.


“Mari hindari delik pers dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik kita pada pesta demokrasi Pilkada 2020. Jalankan prinsip kode etik jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 tahun 1999. Jangan sajikan berita hoaks dan tanpa konfirmasi,” ajak Voucke Lontaan.

Selain itu, tambah Voucke Lontaan, setiap jurnalis atau wartawan yang masuk dalam Tim Sukses salah satu Paslon Kepala Daerah, diminta mengundurkan diri atau cuti dari tugas-tugas jurnalistik secara resmi.


Sementara Ketua Mappilu Sulut, Jimmy Senduk memaparkan tugas Mappilu, khususnya dalam menjalankan tugas pemantauan pada tahapan-tahapan Pilkada 2020.

“Teman-teman mahasiswa, LSM dan wartawan bersama KPU dan Mappilu mensukseskan pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada 2020 dengan tetap mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” ajak Jimmy Senduk.

Foto bersama

Dalam sesi dialog, para peserta antusias memberikan informasi terkait tahapan-tahapan Pilkada 2020 yang masih saja berlangsung, optimisme para pemilih, adanya pelanggaran protokol kesehatan dari para pendukung Paslon Kepala Daerah, dan antisipasi atas DPT dan pemilih tambahan di TPS saat hari ‘H’.

Diketahui kegiatan sosialisasi ini dihadiri sejumlah masyarakat, Mahasiswa, LSM dan wartawan di Sulut. (TS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *