Rencana 1539 Nakes Divaksin, Liuw: Kami Tunggu Arahan Dari Provinsi

TOMOHON, topiksulut.com – Sebanyak 1539 Tenaga Kesehatan (Nakes) Kota Tomohon bakal terlebih dahulu menerima vaksin Covid-19 berjenis sinovac.

Sebelumnya Vaksinasi direncanakan pada tanggal 16 Januari, namun menurut kepala dinas kesehatan Kota Tomohon bakal diundur.

“Tanggal 16 Januari belum pasti, karna belum ada arahan dari Provinsi,” ujar Kadis Kesehatan Deesdje Liuw, saat ditemui di ruang kerjanya. Senin, (11/1) 2020.

Liuw menjelaskan, vaksinasi akan dilakukan tiga tahap dan 1539 nakes yang akan divaksin terlebih dahulu, terdiri dari tenaga medis RSUD, Dinas Kesehatan dan PKM serta jenjang waktu selama bulan Januari sampai Maret.

“Jadi proses vaksinasi akan dilakukan tiga tahap, yakni tahap satu terlebih dahulu seluruh petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat (RSUD, Dinkes, dan PKM) selama bulan Januari sampai Maret, kemudian petugas pelayanan publik, dan terakhir masyarakat,” jelas Liuw.

Sebelum dilakukan vaksin kata Liuw, pihaknya terlebih dulu akan melakukan sosialisasi dan screening (penyaringan) kepada calon penerima vaksin.

“Ini sangat penting dilakukan sebelum dilakukan vaksin guna memberikan pemahaman dan penyaringan calon penerima vaksin,” tutup Liuw sembari menambahkan masyarakat tidak perlu takut karna Petugas vaksin sebelumnya sudah dilatih dari balai diklat makasar melalui zoom meeting. (Kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *