Tersangka AGT Resmi Ditahan, Hari Ini Kejaksaan Periksa Istri Walikota Bitung

TopikSulut,Bitung- Kejaksaan Negeri Bitung terus mendalami kasus dugaan korupsi di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Bitung. Setelah resmi melakukan penahanan terhadap tersangka AGT alias Han, yang adalah kepala DPMPTSP pada Rabu, (24/2/2020) lalu, hari ini Jumat, (26/2/2020) Kejaksaan Negeri Bitung akan melakukan pemeriksaan terhadap istri walikota Bitung, Dra Khouny Lomban Rawung, MSi bersama sejumlah ASN pemkot Bitung.

Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Bitung, Frenky Son, SH MH kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (25/2/2020) kemarin. Penahanan yang dilakukan Kejaksaan Negeri Bitung Terhadap laki-laki AGT alias Han tersebut kata Frenki Son, berdasarkan sprint penahanan nomor Print-01/P.1.14/Fd.1/02/2021 tanggal 24 Februari 2021.

“Penyidik Tipikor Kejaksaan Negeri Bitung melakukan penahanan, dalam perkara tindak Pidana Korupsi pengelolaan anggaran rutin dan belanja modal pada Dinas PMPTSP kota Bitung,” ujarnya. Perkara tersebut menurutnya, diatur dalam pasal 12 huruf i jo pasal 3 jo pasal 18 undang-undang (UU) nomor  31 tahun 1999 tentang Pemberantasan tindak pidan Korupsi sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana Korupsi.

“Tersangka AGT dititipkan di Rutan Polres Bitung selama 20 hari ke depan,” tandasnya. Ditambahkan Son, dalam kasus ini pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah saksi dan sebagian lagi empat orang akan diperiksa pada kembali Jumat (26/2) hari ini, dimana salah satunya Khouny Lomban Rawung. Diketahui, Khouny sebelumnya pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut pada Oktober 2020 lalu. (hzq)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *