Tim Relawan SDGs Desa Werot Dapat Pembekalan Pemuktahiran Data IDM

Topiksulut.com,Minut-Seluruh desa yang ada di Kabupaten Minut mulai mempersiapkan pelaksanaan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Desa atau tujuan pembangunan berkelanjutan di desa. Untuk menciptakan itu, maka pemerintah melalui pendamping teknik dari Kementerian Desa PDTT membekali relawan Pokja SDGs Desa Werot Kecamatan Likupang Selatan (Liksel) sebanyak 8 orang di kantor desa setempat, Rabu 7 April 2021.

Hukum Tua (Kumtua) Desa Werot, Fanly Walandouw mengatakan, dalam pembekalan, tim pendataan dibimbing untuk mengisi lembar kuesioner dan dilatih untuk bisa input secara online hasil pendataannya melalui aplikasi SDGs Desa dari Kementerian Desa yang di install di handphone android.


Dikatakannya, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga dan warga. “Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian,” katanya.


Ditambahkannya, tugas tim pendata adalah mengisi kuesioner untuk keluarga atau rumah tangga dan kuesioner untuk individu. Isi kuesioner untuk keluarga mencakup deskripsi lokasi, deksripsi keluarga, dan deskripsi permukiman. “Sedangkan isi kuesioner untuk individu mencakup deskripsi individu, deskripsi pekerjaan, deskripsi kesehatan dan deskripsi pendidikan,” tambahnya.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *