Perayaan HUT Perdana Pokdar Kamtibmas Sulut Berlangsung Meriah

TOPIKSULUT.COM – SULUT, Perayaan Hari Ulang Tahun yang Pertama Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Bhayangkara Polda Sulut berlangsung sangat meriah dan Patuh Prokes Covid-19.

Kegiatan ini diselenggarakan di Restoran Wahaha Manado, Jumat (24/09/2021) dengan berbagai rangkaian acara.

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana mengajak Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) turut membantu Polri dalam menjaga keamanan di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut tertuang dalam sambutan tertulis Kapolda yang dibacakan oleh Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, saat menghadiri acara HUT ke-1 Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Provinsi Sulut.

“Pokdar Kamtibmas diharapkan bisa berperan aktif dalam membantu Polri khususnya di jajaran Polda Sulut dalam menjaga situasi keamanan di tengah pandemi Covid-19. Termasuk mendukung Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, juga ikut serta mengajak masyarkat untuk melaksanakan vaksinasi,” ujar Wakapolda membacakan sambutan.

Lanjutnya, kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting, mengingat jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia.

“Hal itulah yang menjadi alasan utama untuk membentuk suatu kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya, terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Polri,” jelas Wakapolda.

Pokdar Kamtibmas, terang Wakapolda, merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta membantu menyelesaikan perselisihan dengan jalan musyawarah, dan juga menggaungkan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

“Selanjutnya Pokdar Kamtibmas juga membantu menampung dan memfasilitasi semua keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah kamtibmas, serta menindaklanjuti penyelesaiannya melalui kerjasama dengan Polri,” kata Wakapolda.

Wakapolda juga berpesan kepada segenap Pembina dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Provinsi Sulut untuk dapat menyusun program kerjanya ke depan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dibentuknya Pokdar Kamtibmas, sebagai garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan tenteram di tengah masyarakat.

“Kepada segenap Anggota Pokdar Kamtibmas agar bekerja optimal dan selalu berkoordinasi sampai ke tingkat Pengurus yang ada Polres masing-masing daerah. Selamat ulang tahun ke-1 Pokdar Kamtibmas Sulawesi Utara, semoga apa yang kita laksanakan selalu mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Wakapolda.

Sementara itu Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi, SH MH dalam sambutannya mengatakan Pokdar Kamtibmas memiliki prinsip melayani dengan hati nurani. Polisi dan Pokdar ini memiliki tujuan yang sama.

” Pada HUT yang ke-1 ini, kami Pokdar Kamtibmas akan terus membantu tugas-tugas Polri dan Pemerintah memberikan pelayanan yang terbaik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Pokdarkamtibmas juga tentunya mempunyai Visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas,” ujar Ketum Pokdar Nasional Heru Riyadi.

Lanjutnya, bahwa pengurus Pokdar Kamtibmas Tingkat Polda, Resor dan Sektor yang ada di Sulut akan bersama-sama dengan pihak Kepolisian mengadakan Operasi Yustisi, Operasi Cipta Kondisi, melaksanakan penertiban dan pengamanan di hari-hari besar Nasional.

Dalam kesempatan tersebut juga, Ketua
Pokdar Kamtibmas Daerah Sulawesi Utara yang diketuai oleh Laurens Tirajoh, STh, SIP menyampaikan terima kasih kepada Wakapolda Sulut dan Ketua Umum Nasional Pokdar Kamtibnas dan semua yang hadir pada hari HUT Pokdar Kamtibmas Sulut yang pertama.

“Pokdar Kamtibmas ini tujuannya kita bekerja dengan segenap hati dan tulus semua akan jadi baik jika kita bekerja bersama sama. Kehadiran dari kita semua pada hari ini adalah merupakan satu kebanggaan dan sejarah bagi kami.” Ungkap Tirajoh penuh optimisme.

Dalam acara HUT Pertama Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Pertama ini dirangkaikan dengan peresmian Mobil Patroli Pokdar Kamtibmas Sulut oleh Wakapolda Sulut, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Nasional di dampingi Ketua dan Sekretaris Pokdar Kamtibmas Sulut.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Kabakamla Zona Maritim Tengah, perwakilan Forkopimda Sulut, Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional, para Pembina, Ketua dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Provinsi Sulut, serta tamu undangan lainnya. (LL)



 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *