Launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat, Menteri P3A Ingatkan Soal ini ke BSG

Topiksulut.com.Manado-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI Bintang Puspayoga melaunching “Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat” yang berlangsung di Ruang Mapalus kantor Gubernur, Selasa 19 Oktober 2021. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw dan unsur Muspida Sulut.

Peluncuran Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat ini merupakan kolaborasi antara Dinas P3A Provinsi Sulut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut dan Bank SulutGo (BSG) dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri P3A pun sangat memberikan apresiasi terhadap program tersebut. Meskipun demikian, dirinya pun sempat mengingat pihak BSG agar bisa memberikan kemudahan dan aksebilitas agar kaum perempuan bisa mendapatkan modal usaha. Apalagi pinjaman ini tidak ada agunan sehingga prosesnya bisa saja dipersulit.

“Pinjaman tanpa anggunan ini harus dipertanggungjawabkan dengan baik, sehingga Dinas P3A di daerah dan para pendamping dapat mendampingi para ibu dalam menjalankan usaha dengan permodalan dari perbankan,” katanya seraya menambahkan jika program pemberdayaan perempuan dan anak ini merupakan wujud keinginan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kepala DP3A Provinsi Sulut, dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS dalam laporan menyampaikan bahwa terobosan yang dilakukan instansinya dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Bank SulutGo ini merupakan terobosan memberdayakan potensi yang dimiliki kaum perempuan di daerah guna menopang ekonomi keluarga, terlebih bagi perempuan sebagai kepala keluarga maupun perempuan yang memiliki ketrampilan, namun berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Ini merupakan inovasi Dinas P3A sebagai jabaran 5 arahan Presiden. Kami memilih sasaran pada perempuan sebagai Kepala Rumah Tangga,” katanya.

Kerjasama segitiga, tambahnya, dimulai dari pemberian sertifikasi bagi perempuan yang mengikuti pelatihan di UPTD Balai Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Dinas P3A Provinsi menyerahkan bantuan peralatan seperti peralatan menjahit, salon dan peralatan masak sesuai bidang ketrampilan yang dilatih di UPTD Balai Tenaga Kerja. Sedangkan bantuan permodalan dari Bank SulutGo melalui  fasilitas Tabungan dan Kartu Kredit, diberikan kepada kaum perempuan yang telah memperoleh sertifikasi dan peralatan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutan mengatakan, program penguatan usaha dengan permodalan bagi perempuan di daerah sangat penting, apalagi akibat pandemi Covid-19.

“Program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat ini sangat bermanfaat karena bisa membantu ekonomi keluarga,” kata Gubernur Olly seraya memberikan contoh wira usaha keluarga nelayan dan kelompok nelayan.

Pada kesempatan itu, Menteri Bintang Puspayoga menyerahkan Kartu Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat bersama Gubernur Olly dan Wagub Kandouw serta bantuan bagi perempuan dan anak korban terpapar Covid-19.

Turut hadir, Wakil Gubernur, Drs Steven OE Kandouw, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Deputi dan Asisten Deputi Kementrian P3A RI, jajaran Bank SulutGo, Kepala OJK Wilayah, Bank Indonesia Cabang Manado, Forkopimda Sulut, Walikota Manado, TP PKK Kota Manado, Dinas P3A, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten/Kota serta undangan.(glen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *