Pemprov Sulut Tutup Pelatihan PKA dan PKP 2021

Berita Utama, Sulut159 Dilihat

Topiksulut.com,Manado–Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Asisten III Asiano Gemmy Kawatu menutup kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Tahun 2021 di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis 21 Oktober 2021.

Dalam kesempatan, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Marhaen Royke Tumiwa mengatakan di penghujung kurikulum PKA dan PKP, para peserta sudah hadir untuk menunggu atas jawaban yang sudah mereka lakukan kurang lebih 70 hari.

“Dengan berbagai proses intraksional dilakukan para peserta sehingga perjalanan dinamika proses pembelajaran yang mereka ikuti PKA dan PKP dari total yang ada 48 orang 23 peserta PKA dan 25 peserta PKP,” ucapnya.

Asisten III, Asiano Gemmy Kawatu mengucapkan selamat kepada Bapak/Ibu, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Pemprov Sulut atas keberhasilannya menyelesaikan PKA dan PKP.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan kepada para narasumber maupun Widyaiswara, yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan PKA dan PKP Tahun 2021,” tuturnya.

Baca juga:  Ajak OD-BOSS Sukseskan Pilkada Desember Mendatang, Ini Pesan Marhani Pua

“Selesainya PKA dan PKP ini, tentu membawa optimisme tersendiri dalam aktualisasi pembangunan daerah kedepan, karena Peserta PKA dan PKP telah semakin kompeten, semakin berkualitas, profesional, sekaligus semakin kapabel mengemban jabatan yang dipercayakan,” sambungnya.

Sejalan dengan itu, perlu dipahami kembali, bahwa semua aparatur terlebih pejabat struktural pemerintahan terus dituntut memiliki kompetensi kepemimpinan operasional dalam memimpin unit kerjanya, yaitu kemampuan untuk merancang suatu perubahan, dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil signifikan. Disamping itu, diharapkan juga mampu mengaktualisasikan proyek maupun aksi perubahan yang telah disusun dalam PKA dan PKP.

“Sehingga dengan konsistensi dari penerapan inovasi, proyek maupun aksi perubahan di masing-masing unit instansi, secara bersama-sama kita mampu mempercepat laju pembangunan daerah, di setiap sendi dan sektor yang ada untuk Sulawesi Utara yang semakin hebat, semakin maju dan sejahtera,” tandasnya.

Baca juga:  HUT PKK ke-50, Rita Dondokambey Berikan Bantuan di 3 Lokasi

Kawatu menambahkan bahwa waktu yang diambil dari peserta tidak sedikit karena harus meninggalkan keluarga dan tugas.

“Saya berharap ada progres yang terjadi dan itu membantu pak Gubernur dan Wakil Gubernur dalam proses percepatan melaksanakan tugas. Karena Pejabat Pengawas dan Pejabat Administrator ini adalah tulang punggung dalam kegiatan suatu organisasi. Dia akan menjadi hebat ketika memiliki keinginan yang sama untuk bekerja lebih hebat dan semuanya untuk diabdikan ke masyarakat,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BKD Femmy Suluh, Widyaiswara dan Peserta PKA, PKP.(*)