52 Anak Paroki St Ignatius Manado Terima Komuni Pertama

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Minggu, (24/10/2021), menjadi hari istimewa dan hari yang sangat indah bagi 52 anak di Paroki Santo Ignatius Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Anak-anak tersebut menerima Komuni Pertama dalam perayaan Ekaristi di gereja paroki yang dipersembahkan Pastor Paroki Damianus Yangko Alo, Pr dan Pastor Terry Ponomban, Pr .

Perayaan Ekaristi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mereka yang menerima Komuni Pertama adalah anak2 yang sudah menerima Sakramen Permandian dan turut dihadiri para orang tua dan/atau wali.

Perayaan ini berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Dalam homilinya, Pastor Terry Ponomban, Pr mengajak anak-anak yang akan menerima Komuni Pertama ini agar dapat hidup dan meneladani Yesus.

Hidup seperti Yesus berarti hidup sesuai dengan apa yang Yesus hidupi dan perbuat.

Pastor Terry memberi homili sambil menyapa langsung anak anak penerima Komuni di tempat duduk mereka.

Mengilustrasikan gandum yang menjadi roti sambil menunjuhkan bentuk roti boy yang ada di tas merah yang dipegang langsung Pastor Terry.

” Akulah roti hidup yang turun dari surga, jika kamu makan tubuhKu kamu akan hidup”.

Hari ini adalah hari yang sangat indah dimana Kristus mengundang adik2 dekat dengan altar Kristus, seperti Kristus membuat perjamuan dengan murid2Nya.

Pastor Terry menceritakan dua anak yang berjanji disaat hari yang istimewa hari saat penerimaan Komuni Pertama dan disaat itupun Tuhan mengabulkan apa yang menjadi cita2 mereka.

Anak yang pertama Domenico Savio, janji pertama akan menguduskan setiap hari Tuhan/masuk gereja, janji kedua akan mengaku dosa setiap berbuat salah, janji ketiga sahabatku yang paling dekat dengannya adalah Tuhan Yesus dan Bunda Maria dan janji keempat lebih baik mati dari pada berbuat dosa dengan bercita cita ingin menjadi Imam.

Anak yang kedua, dihari yang istimewa saat penerimaan Komuni saat masuk gereja melihat wajah Pastor yang bercahaya sehingga pada saat itu juga anak ini berjanji ingin menjadi Pastor karena ingin membagi Tubuh Kristus kepada orang2 yang membutuhkan, dan apa yang menjadi harapan serta cita2 anak ini sudah dikabulkan Tuhan, sehingga anak ini adalah Pastor Terry Ponomban, Pr. Lihatlah apa yang diminta pada Tuhan dihari istimewa penerimaan Komuni Pertama, maka akan dikabulkan.” Ungkap Pastor Terry dalam homilinya.

Ekaristi sebagai puncak kehidupan beriman orang Katolik, menjadi kebahagiaan tidak saja bagi anak-anak ini tetapi juga bagi para orangtua dan/wali yang mengantar dan mendampingi.

Ungkapan hati yang bahagia disampaikan oleh Donny Samola, orangtua yang kedua anaknya menerima Komuni Pertama.

Sebagai orangtua kami sangat bersyukur dan bangga dapat membawa dan mengantar anak-anak kami untuk menerima komuni kudus untuk pertama kali, yang telah sangat mereka rindukan,” kata dia.

“Sebagai orangtua kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki, DPP, para pembina dan panitia yang telah mempersiapkan anak kami untuk hari yang sangat bersejarah ini.”

Kami juga tetap mohon dukungan dan doa untuk mejalankan tugas dan peran kami sebagai orangtua untuk mendampingi, membimbing dan mengarahkan anak-anak kami untuk hidup seperti Yesus,” kata dia, sambil menahan rasa haru yang nampak seperti menangis karna melihat anak2nya.

Tak hanya keluarga yang merasakan kebahagiaan ini, umat Paroki St. Santo Ignatius Manado sungguh bersyukur dengan penerimaan Komuni Pertama bagi anak-anak dalam masa pandemi ini.

Antusiasme umat yang begitu aktif dan bangga memberikan ucapan selamat bagi anak-anak ini dapat dilihat dari kemeriahan setelah selesainya Misa dan ucapan-ucapan yang disampaikan lewat media sosial.

Hal ini wajar, mengingat setelah merebaknya wabah Covid-19 pada 2020, Komuni Pertama baru diadakan kembali pada 2021 di paroki ini.

Pastor Paroki Damianus Yangko Alo, Pr usai perayaan Ekaristi menyampaikan “Proficiat bagi ke-52 anak-anak ini, sudah menerima Sakramen Komuni Pertama dan saat ini mereka sudah harus semakin aktif dalam kegiatan gereja untuk terlibat sebagai umat dan dalam liturgi gereja terutama masuk sebagai anggota PPA (Putra Putri Altar).

Semoga semakin bertumbuh dan berkembang dalam iman, harap, kasih. Bangga jadi anak Katolik!,” ujar Pastor Damianus Yangko Alo.

Sementara itu Ketua Bidang satu DPP St.Ignatius Manado Ibu Alix Mulyani Budi selaku koordinator dalam pelaksanaan Penerimaan Komuni pertama ini menyampaikan terima kasih kepada ” TUHAN YESUS KRISTUS, karna Perayaan Ekaristi Komuni Pertama sudah berjalan dengan baik , begitupun disampaikan terima kasih kepada Pastor Paroki Damianus Yangko Alo, Pr dan Pastor Terry Ponomban, Pr yang sudah mempersembahkan Perayaan Komuni Pertama ini, terima kasih kepada Orang tua /wali yang sudah mempersiapkan anak2 dalam penerimaan Komuni dan semua yang sudah terlibat sehingga penerimaan Komuni pertama yang sempat tertunda beberapa bulan ini dapat terlaksana pada hari ini dengan lancar dan khikmad. Semoga akan tumbuh subur benih2 panggilan di paroki yang siap dituai pada saatnya nanti.” ungkap dr. Alix . AMDG (LL)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *