Kunjungi Peserta Dari Bitung, Maurits-Rita Nostalgia Saat Jadi Peserta Jamnas di Cibubur

Bitung, Uncategorized288 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, MM bersama istri By Rita Mantiri Tangkudung ST, Kamis, (17/8/2022) bernostalgia di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Kedatangan orang nomor 1 di Bitung bersama first lady tersebut dalam rangka mengunjungi sekaligus memberikan motivasi kepada peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka utusan kota Bitung. Kak Murits yang juga ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), bersama Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bitung Kak Rita hadir bersama Pengurus Kwarcab Kota Bitung, serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kak Euginia Mantiri, SPd MAP.

Dalam kunjungan tersebut, nampak suasana yang akrab dirasakan oleh Kak Mabicab serta Kak Kwarcab. Momen ini seakan menjadi ajang reuni mereka karena pernah menjadi peserta Jamnas pada tahun 1981 sambil berbagi kisah pengalaman pada saat itu.

“Ini merupakan moment dimana 41 tahun lalu, tepatnya tahun 1981 saya bersama kak Rita Tangkudung pernah ada di sini sebagai peserta perkemahan jambore nasional. Waktu itu saya kelas 3 SMP dan saat itu pertama kali diadakan Jamnas ditempat ini. Dengan mengikuti kegiatan ini memberi kesan serta pandangan luas buat kami sebagai modal hidup. Karena itu orang tua jangan segan-segan mengikutkan anak–anaknya untuk menjadi anggota pramuka,” Kata kak MABICAB.

Baca juga:  Waduh, Ini 12 Alasan E2L Belum Dilantik Sebagai Bupati Talaud

Bahkan setelah melihat para peserta, Kak Mabicab serta Kak Kwarcab langsung masuk di area dapur untuk menikmati menu makan malam para peserta. Abon Cakalang, menu khas Kota Bitung ini mampu menggoda dan memberi kesan yang mendalam bagi mereka berdua. Menu yang satu ini adalah menu wajib untuk peserta asal Kota Bitung dalam pelaksanaan Jamnas. Peserta kali ini terdiri dari putra 8 dan 8 putri, peserta berkebutuhan khusus 2 orang untuk putra – putri, pembina putra 1 orang, pembina putri 1 orang, pembina berkebutuhan khusus 1 putra dan 1 putri, Dokter kontingen 1 orang, petugas penjaga stand pameran 2 orang.

Ketua Mabicab juga memberikan motivasi serta semangat kepada adik – adik peserta jamnas agar bisa menunjukan kemapuan serta kekompakan dari kontingen kota bitung, dan jangan segan – segan untuk bergaul dengan peserta dari daerah lain.

Baca juga:  Bitung Kembali Terima Bantuan Hibah Air Minum

Di arena jamnas juga ada arena pameran yg terdiri dari stand – stand dari seluruh Kwarda peserta jamnas. Pada tahun 2022 ini stand kwarda Sulut di ajang Jambore Nasional dipercayakan kepada kwarcab Bitung. Keikutsertaan Dokter dalam kontingen kali ini merupakan petunjuk khusus dari kak Mabicab. Tujuannya adalah untuk menjaga dan memeriksa kesehatan kontingen kwarcab Bitung. Diketahui Pelaksanaan Jamnas 2022 ini dimulai pada tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022, dengan tema “Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”. Kegiatan yang dilaksanakan dalam Jamnas XI Tahun 2022 mengarah kepada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik (SESOSIF) dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri. (hzq)