Terkait Dua Irigasi di Sangtombolang, Ini Hasil Tinjau Lokasi Dinas PU

Sulut215 Dilihat

• Kadis PU Prov,  Steve Kepel : Irigasi Memang Rusak Berat

•Dinas PU Akan Konsultasi Ke Kementrian Untuk Langkah Selanjutnya

Topiksulut.com,SULUT -Tindak lanjut Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulut terkait dua irigasi milik pemerintah provinsi di Desa Bolangat Timur Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow yang dalam keadaan rusak berat oleh PT. Kasih Karunia Abadi (KKI). Lewat tim kerja, dinas dikepalai Steve Kepel ini lakukan tinjau lokasi. Dan hasil yang didapat, irigasi-irigasi tersebut memang rusak berat. Rabu (31/5).

“Dari tinjau lokasi tadi, memang didapati ada irigasi yang rusak, yang mengakibatkan perairan untuk pertanian menjadi tidak sempurna,” ungkap Kepala Dinas PU, Steve Kepel saat dikonfirmasi via ponsel.

Baca juga:  Target ke Liga 1, Sulut United Gelar Launching Team dan Doa Bersama

Lanjut dia, tim peninjau juga mendapati kalau lahan pertanian tersebut telah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit sejak Hak Guna Usaha (HGU) diklaim oleh PT KKI.

“Ternyata juga, kawasan beradanya irigasi tersebut sudah beralih fungsi,” tambah Kepel.Sembari mengatakan jika irigasi tersebut atas SK Menteri, maka Dinas PU Provinsi Sulut akan konsultasikan ke Kementrian.

“Dengan hasil tersebut, kita akan konsultasikan ke Kementerian untuk selanjutnya ditentukan keputusan atau langkah apa yang akan ditempuh Dinas PU Sulut selanjutnya,” singkat Kepel.

Diketahui, dua irigasi masing-masing dibangun tahun 1996 dengan menelan anggaran APBD sebesar Rp.9 miliar dan tahun 2015 telan anggaran Rp.3,2 miliar.(serly)