Toleransi Tinggi Umat Beragama di Sulut, Plt KPN Manado Banar Ucapkan Selamat Idul Fitri

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Usai sebulan lamanya berpuasa bagi umat Muslim, tiba hari kemenangan yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. Sejak malam takbiran, telah terlihat antusias masyarakat. Persatuan dan Kesatuan nampak dalam berbagai lintas agama berbaur di malam takbir, dengan saling bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban hingga Sholat Eid pagi tadi.

Menanggapi ini, Plt Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado, Vincentius Banar SH MH pun memberikan apresiasi dan mengucapkan Selamat Idhul Fitri 1439 H, bagi umat Muslim yang ada di Daerah Nyiur Melambai ini.

Plt KPN Manado Vincentius Banar SH MH saat bertandang ke Rumah Dinas Ketua Mahkamah Agung (KMA) Prof Dr Hatta Ali SH MH, berfoto usai KMA Sholat Ied, di Widya Chandra- Jakarta, Jumat (15/6/2018). (Foto : ist)

“Seluruh keluarga besar PN Manado mengucapkan selamat Idhul Fitri mohon maaf lahir batin. Di bulan yang suci penuh berkah, Kembali fitri dengan saling memaafkan, kembali fitri dengan meningkatkan silaturahim,” ujar Plt KPN Banar saat bertandang ke Rumah Dinas KMA Hatta Ali, di Widya Chandra- Jakarta, lewat pesan Whatsapp, Jumat (15/6/2018).

Menurut Plt KPN Manado, sungguh luar biasa toleransi yang ada di Sulut khususnya di Kota Manado.

“Perbedaan bukan penghalang ataupun pemisah. Justru ini lebih memper-erat kekeluargaan di antara kita. Manado luar biasa , I Love Manado (Saya cinta manado,red) ,” ungkap Plt KPN Banar yang diketahui masuk bertugas di PN Manado pada 2014, sebelumnya sebagai mantan Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Bajawa di NTT Flores.

Diharapkan , kerukunan antar umat beragama akan terus terjalin dan dijaga. Dengan adanya predikat Kota paling toleran , dan bisa menjadi percontohan secara nasional.

“Secara nasional Sulut masuk ranking dua daerah toleransi, bahkan, masuk ranking pertama untuk Kota Manado sebagai kota paling toleran. Ini patut dicontoh,” ucap Plt KPN Manado.

“Bila ada salah ucap dan sikap selama ini, mohon dimaafkan ya…, sekali lagi selamat merayakan Idul Fitri, Berbahagia di hari kemenangan,” tutup Plt KPN Banar, pria asal Jogyakarta, istri Kristina Nana-Banar dan miliki satu putra Christop Leo Banar yang berusia 1 tahun. (ely)