Gubernur : Akan Ada Pergub, Setiap Bangunan di Sulut Harus Tahan Gempa Seperti Jepang

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Sebagai daerah yang juga sering mengalami gempa bumi, Sulawesi Utara memang memerlukan inivasi baru dalam mempertahankan diri, baik masyarakat, infrastruktur dan lainnya. Hal ini kemudian oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey langsung ditanggapi.

Ketika ditemui awak media (Senin 01/10/2018) kemarin usai melepas kontingen Tim Tagana bersama Pemprov Sulut untuk membawa bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, Gubernur kepada para awak media mengatakan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan segera merumuskan dan mengelurkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang kelayakan bangunan yang ada di bumi Nyiur Melambai ini.

”Akan segera dirumuskan, dan dalam waktu dekat akan kami keluarkan pergub, isinya tentu soal keyakan bangunan, jadi terkait IMB, dinas PUPR yang nanti mengurusnya”, beber Gubenur.

Lebih lanjut, Gubernur pun mengatakan bahwa sebagai daerah yang termasuk dalam kategori rawan gempa dan rawan bencana, antisipasi harus segera dibuat demi pertahanan daerah ini.

”Lihat saja Jepang dan China, disana sering sekali terjadi gempa, tapi bangunannya kuat, tidak banyak yang rusak, hanya bergoyang saja, karena konstruksinya sesuai kebutuhan, makanya kami akan keluarkan pergub agar setiap bangunan besar di Sulut harus memenuhi syarat tersebut baru bisa membangun, ini kan meminimalisir korban jowa dan angka kerugian, jadi harus segera ini”, tegasnya lagi.

Tidak hanya itu, Gubernur pun mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan bagi seluruh masyarakat Sulut terkait bagaimana cara menyelamatkan diri dari bencana alam.

”Ya, kita akan latih masyarakat supaya ketika menghadapi bencana sudah tahu langkah apa yang prioritas dilakukan, kalau tidak ada halangan minggu depan kita gelar”, tutupnya sembari menghaturkan rasa belangsungkawanya atas kejadian di Palu dan Donggala.

”Saya bersama keluarga dan seluruh jajaran Pemprov Sulut turut berempati, dan turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya bagi saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah, semoga

Sembari Olly sapaan akrabnya menyebutkan pemerintah provinsi akan melatih kepada masyarakat agar supaya jika terjadi bencana begini langkah-langkah apa yang harus torang lakukan.

“Dan itu ada pelatihan nantinya. Pokoknya pekan depan ada pelatihannya,” pungkas Gubernur Olly. (Chris)