Berlangsung Tiga Putaran, John Paransi Dipercayakan Kembali Pimpin PWI Tomohon 2020-2023 

Tomohon54136 Dilihat

TOMOHON, topiksulut.com – Setelah berakhirnya periode 2016-2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon kembali mengadakan Konferensi pemilihan ketua PWI Kota Tomohon baru untuk periode 2020-2023, dilaksanakan di Gedung kantor PWI Sulawesi Utara (Sulut). Senin (30/12) 2019.

Pada konferensi itu, dari daftar 29 anggota wartawan Kota Tomohon yang terdaftar pada PWI dinyatakan hanya 27 memiliki hak pilih, sedangkan dari 27 anggota itu sebanyak delapan wartawan dinyatakan dapat mencalonkan diri untuk dipilih sebagai ketua PWI Kota Tomohon.

“Jadi dari 27 anggota yang hadir dan memiliki id card anggota PWI, hanya delapan orang yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua PWI Kota Tomohon,” ujar Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan didampingi Wakil Ketua Merson Simbolon dan Sekretaris Jemmy Saroinsong saat memimpin konferensi. (30/12)

Untuk ke 8 anggota yang memiliki kriteria bakal calon, Ardyson Kalumata, Boby Sambeka, Ivana Palit, John Paransi, Hanny Watung, Victor Rempas, Sintya Bojoh dan Janny Kasenda. Dari ke delapan bakal calon tersebut, hanya empat orang yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua (Hanny Watung, John Paransi, Janny Kasenda, Victor Rempas) dan diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi.

Daftar anggota Peserta Konferensi PWI Kota Tomohon

Masuk pada proses pemilihan. Putaran pertama John Paransi memperoleh 12 suara Viktor Rempas 13 suara, Hanny Watung 2 suara. Sedangkan Jany Kasenda tidak memperoleh suara. Kemudian dari hasil ini diambil 2 nama untuk masuk pada puturan kedua yakni John Paransi dan Viktor Rempas.

Baca juga:  Bapaslon Perorangan, Robert dan Sello Serahkan 7962 Berkas Dukunga di KPU

Kali ini perolehan suara sangat alot dan ketat hanya perbedaan 1 suara. Yakni John Paransi memperoleh 14 suara dan rivalnya Viktor Rempas 13 suara. Namun karena tidak memperoleh dukungan suara 50 persen plus 1, sesuai dengan Paraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI harus diulang. Proses ini pun sesuai aturan tersebut hanya mencari suara terbanyak.

Sangat mendebarkan perhitungan suara pada putaran ini, yang dibacakan langsung oleh Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan, sebab sebelumnya sempat ada lobi-lobi. Saat penghitungan suara, posisi suara sempat sama Paransi memperoleh 13 suara, begitu juga Rempas 13 suara. Sehingga tinggal 1 suara untuk menentukan siapa pemenangnya. Dan ternyata 1 suara tersebut milik John Paransi. Dengan begitu Paransi memperoleh 14 suara sedangkan Rempas 13 suara, sama dengan putaran sebelumnya.

Baca juga:  Caroll Senduk Nahkodai KONI Kota Tomohon Periode 2021-2025

Berdasarkan hasil tersebut, langsung dibuat berita acara oleh PWI Sulut, yang menyatakan John Paransi sebagai Ketua PWI Tomohon terpilih. Selanjutnya Paransi menyusun formatur untuk menentukan kepengurusan PWI Tomohon periode 2020-2023.(kim)