PGI-SAG Gelar Pelatihan Pengurungan Risiko Bencana di Bitung

Uncategorized89 Dilihat

TopikSulut,Bitung,- Persatuan Gereja Indonesia (PGI) dan Sinode Am Gereja-gereja (SAG) Sulutteng, menggelar kegiatan pengurangan risiko bencana serta perkemahan generasi muda tangguh bencana di Riverside Resto, Kamis-Sabtu (2-4/6/2022). Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, MM.

Ketua panitia Rudy Theno dalam laporannya mengatakan jika kegiatan ini diikuti oleh 13 perwakilan Sinode yang tergabung dalam SAG Sulutteng sebanyak 39 orang, Panji Yosua 14 orang, Departemen Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 7 orang, perwakilan dunia usaha 10 orang, perwakilan organisasi kepemudaan KNPI, Karang Taruna, GMKI, GAMKI, Pemuda Pancasila, Taruna Siaga Bencana, Korps Sukarela PMI sebanyak 14 orang. Total keseluruhan jumlah peserta pelatihan sebanyak 84 orang.

Dijelaskannya, untuk side iven berupa kemah generasi muda tangguh bencana akan dihadiri kurang lebih 500 orang yang berasal dari 25 sekolah SMP dan SMA yang ada di Kota Bitung.

Kegiatan di mulai dengan ibadah yang di pimpin oleh Gembala Petrisia Aling, selaku Sekretaris Majelis Pekerja Harian (MPH) SAG.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPBD Provinsi Sulut, Joi Oroh memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Kita pahami bahwa bencana bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk didalamnya unsur gereja yang memiliki peran sebagai pembawa keselamatan dan suara pembaharu bagi para jemaat Tuhan, keluarga dan kerajaan Allah. Oleh karena itulah saya sangat merespon kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengurangi resiko bencana pada 13 Sinode Gereja di wilayah Sulawesi Utara dan Tengah, swasta serta segenap elemen masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, Walikota MM bersama Ketua Sinode Am Gerejawi, Pdt Dina Sophia Werat bersama Wasekum PGI, pdt Karise Gosal, Plh Sekda, unsur Forkopimda Kota Bitung serta ketua panitia meninjau lokasi kemah generasi muda tangguh bencana. Pelatihan peningkatan resiko bencana kerjasama PGI dan SAG Sulutteng rencananya yang dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 5 Juni 2022.

Turut hadir juga, Plh Sekda Bitung Forsman Dandel serta para camat dan undangan lainnya. (hzq)