Bendungan Kuwil-Kawangkoan Senilai Rp1,9 T Diresmikan Presiden Jokowi

Berita Utama, Sulut277 Dilihat

Topiksulut.com,Minut-Dalam kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo ke Provinsi Sulawesi Utara, Kamis 19 hingga Jumat 20 Januari 2023 diantaranya adalah untuk meresmikan Bendungan Kuwil, Kawangkoan di Minahasa Utara (Minut).

Pada kesempatan ini Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan sejumlah pejabat lainnya. Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini menelan anggaran Rp1,9 triliun dan dibangun sejak tahun 2016. Kapasitas tampung mencapai 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare. 

Adapun fungsi Bendungan Kuwil Kawangkoan ini nantinya adalah untuk mengendalikan banjir dengan menampung debit air sekitar 470 meter kubik per detik, seperti dilansir dari situs Kementerian PUPR, Selain menjadi pengendali banjir, bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 23,4 juta meter kubik dan luas genangan sekitar 139 hektar tersebut juga dimanfaatkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung serta penyedia air baku sebesar 4.500 liter per detik. Layaknya bendungan lain, Bendungan Kuwil Kawangkoan akan digunakan sebagai pembangkit listrik berkapasitas 2 X 0,70 Megawatt (Mw) sekaligus menjadi pengembangan wisata.

Bendungan ini berada di atas Kota Manado sehingga sangat efektif untuk pengendalian banjir.

Jadi, dalam satu Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano ada dua tampungan air, pertama adalah tampungan air alami Danau Tondano dan kedua, Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Dengan dibangungnya bendungan tersebut, diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir di Kota Manado dan sekitarnya, sehingga Masyarakat dapat terbebas dari bahaya banjir serta dapat memberikan Air Besih bagi Masyarakat di Kota Manado, Minahasa Utara dan Kota Bitung.(glen/*)