Warga Muslim di Sangihe Diminta Bersabar Tunggu Pengumuman Pemerintah Penetapan 1 Ramadhan

Uncategorized130 Dilihat

Peliput: Fitri Lumiu

TAHUNA
Tinggal menghitung hari umat Muslim diseluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan, sesuai dengan rukun Islam yang ke empat.

Dalam penentuan 1 Ramadhan atau awal puasa masyarakat Muslim di Sangihe diminta bersabar menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan oleh kementrian agama RI, hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor Agama Kabupaten Sangihe Irwan Musa SE Msi melalui Kepala seksi Bimas islam Drs H Kusnadi.

Dikatakan Kusnadi rencana pelaksanaan sidang isbat akan berlangsung pada hari Rabu 22 Maret 2023.

“Sudah pasti dari kami sebagai representasi dari pemerintah tetap menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh kementrian agama, dan hasilnya itu akan kami umumkan”ujar Kusnadi.

Lanjut dikatakan apabila diluar sana ada Ormas islam dan lembaga Islam lainya yang sudah terlebih dahulu menetpkan 1 Ramadhan, kami tetap menghormati menghargai tanpa mempermasalahkannya.

“Karena pentapan meraka ada dasarnya sesauai dengan ilmu hisab yang mereka pelajari,”jelasnya lagi.

Untuk pelaksanaan rukyat ini, akan mengkoordinir pelaksanaan rukyatul hilal di sedikitnya 55 titik strategis seluruh Indonesia. Ada 99 kader perukyat nasional yang bersertifikat yang tersebar di beberapa titik yukyat, juga para kiai dan ustadz yang biasa melakukan rukyat.(*).