KesbangPol Sangihe Mantapkan Persiapan Jelang Seleksi Capas 2024

Nusa Utara694 Dilihat

TAHUNA

Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kebangpol), Kabupaten Kepukauan Sangihe terus mantapkan persiapan pelaksanaan seleksi Calon Paskibrka (Capas), Kabupten Kepulauan Sangihe tahun 2024.

Dimana baru-baru ini seluruh tim penyeleksi dan panitia menggelar pertemuan yang dilaksanakan di kantor Kesbangpol pada Rabu (20/03/2024). Dipimpin langsung oleh Kepala Kesbangpol Godfriet F Pella SP ME, pertemuan itu diikuti seluruh unsur yang terlibat dalam kepanitian dan tim penyeleksi.

Dalam keterangnya kepada wartawan usai pelaksanaan rapat, Pella menjelaskan bahwa pertemuan kali ini guna memantapakan seluruh persiapan dan membicarakan teknis pelaksanaan seleksi yang rencanaya akan berlangsung selama lima hari dimulai tanggal 25 Maret nanti hingga 1 April.

“Jadi seleksi akan dimulai tanggal 25 Maret hingga 1 April. Ada sebanyak 155 orang siswa yang sudah mendaftar dan terverifikasi dinyatakan memenuhi syarat secara adminiatrasi untuk mengikuti seleksi,jelas Pella.

Dijelaskan pula dari 155 siswa terdiri dari 86 putra dan 69 putri. Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi sendiri akan dipusatkan di Pendopo rumah jabatan bupati. Adapun unsur yang tergabung di dalam tim penyekeksi adalah unsur dari TNI-Polri yakni dari Polres Kepulauan Sangihe 1 orang, dari Kodim 1301 Sangihe 1orang, dari Lanal Tahuna 1 orang, dari unsur DPPI 3 orang, serta akademisi 1 orang dan tenaga medis 2 orang.

“Nantinya tim penyeleksi akan melakukan seleski secara objektif dan transparan. Untuk materi seleksi sendiri di hari pertama akan dimualai dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dihari kedua dilanjutkan dengan Tes Intelegensia Umum (TIU), kemudaian hari berikutnya tes kesehatan dan parade dan seterusnya tes lapangan mengenai Peraturan Baris Berbaris (PBB), jelasnya lagi.

Dikatakan juga semoga dari hasil seleksi ini akan mampu memilih siswa-siswi terbaik yang akan diutus membawa nama Kabupaten Sangihe untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi dan kami berharap akan berlanjut hingga ke tingkat Nasional.

“Jadi dari hasil seleksi nanti akan di pilih satu pasang siswa putra dan putri yang akan di utus ke tingkat Provinsi dan akan dipilih juga para Calon Paskibrka yang akan bertugas di tingkat Kabupaten sebanyak 30 orang. Kami berharap sukses tahun lalu Sangihe mampu mengutus ke tingkat Nasional akan mampu terulang kembali di tahun ini,”Pungkasnya.

Sementara itu Kapala Bidang Bina Idiologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Max Emill Bangonang S.IP kepada wartawan mengakatan dari 155 siswa-siswi yang akan mengikuti seleksi adalah siswa-siswi yang telah mendaftar secara onine dimana pendaftaran dibuka sejak 19 Februari lalu dan di tutup secara resmi tanggal 19 Maret Pukul 24.00 WITA.

“Ada bebebrapa persyaratan yang diminta dalam pendaftaran online yang harus dipenuhi oleh peserta. San setelah mendaftar di lakukan verifikasi oleh tim dan yang lolos verifikasi mendapatkan kartu peserta secara online,”jelasnya.

Dirinya juga mengharapkan agar para peserta dapat menyiapkan fisik dan mental untuk mengikuti seleksi.

“Jadi para siswa diharapkan mempersiapkan fisik dan mental serta jangan lupa belajar, tandas Bangonang(*).

Baca juga:  Pj Bupati Sangihe Puji Kemajuan Kalapas Tahuna dalam Hal Pembinaan WBP