Lakukan Musrenbang, Kecamatan Pusomaen Prioritas Akses Jalan Pertanian

MUSRENBANG: Kecamatan Pusomaen saat melakukan Musrenbang baru-baru. (foto: ist)

PUSOMAEN, topiksulut.com—Guna mensinkronkan pembangunan di Kecamatan Pusomaen tahun 2019 mendatang, pihak pemerintah setempat melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan menghadirkan instansi terkait, pemerintah desa dan sejumlah stakeholder di Kecamatan Pusomaen.

Camat Posumaen Djemmy Walokow menjelaskan Musrenbang ini terkait singkronisasi program prioritas terhadap pembangunan desa, kecamatan serta kabupaten. Dimana program yang sangat prioritas atau mendesak untuk kebutuhan masyarakat itu yang harus diutamakan ketimbang program pendukungnya.

“Kemudian hasilnya direkomendasikan bersama untuk dibahas ke tingkat kabupaten yang akan dijabarkan oleh dinas, badan, dan kantor terkait,” ujarnya.

Salah satunya yang jadi prioritas diantaranya pembuatan jalan perkebunan, perluasan pemukiman desa, pengembangan jalan akses pertanian, pemberdayaan kelompok tani dan nelayan dan Pengembangan umkm.

Baca juga:  Lalandos : Wujudkan Harapan Bupati Menatap Mitra Maju Dan berkembang

“Sebagian program prioritas sudah diakomodir di Dana Desa (Dandes) tidak dimunculkan lagi dalam Musrenbang tingkat kecamatan,” katanya.

Lebih lanjut mantan kabag umum di sekretariat dewan mitra ini, mengatakan Musrenbang kali ini lebih mengutamakan tiga program yang prioritas dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Provinsi dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Walukow menambahkan, masyarakat yang ada di kecamatan Posumaen siap menyukseskan pesta demokrasi yakni pemilihan kepala daerah dan wakil kepala atau pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mitra.

”Bagi masyarakat yang ada di kecamatan Posumaen sudah sangat siap untuk menyukseskan pesta demokrasi di kabupaten Minahasa Tenggara, Mari kita semua untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita masing masing,” tandasnya Manta sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Mitra ini. (otnie)